28
Jan
08

Merawat Printer dengan Sistem Infus

dsc00245.jpgPrinter tinta (inkjet) yang di pasaran dapat dibawa pulang dengan harga yang realatif murah merupakan salah satu daya tarik yang diminati pengguna PC, khususnya pengguna rumahan atau mahasiswa. Kemampuannya untuk mencetak warna membuat dokumen yang dihasilkan akan lebih hidup dan tentu saja, dapat digunakan untuk mencetak foto kesayangan. Akan tetapi, di balik harga printer yang murah itu, tersembunyi pengeluaran berkala yang bisa jadi lebih besar daripada harga printer, yakni tinta. Apa jadinya printer tanpa tinta? Mungkin ini salah satu teknik penjualan produsen printer dan tinta, yakni menjual printer dengan harga murah, berharap pemasukan lebih pada pembelian tinta. Oleh karena itu, keberadaan tinta bukan original cukup membuat waswas produsen printer, apalagi dengan kehadiran sistem infus yang konon lebih hemat.

dsc00247.jpgSistem infus merupakan seperangkat alat yang terdiri dari cartridge, selang tinta, botol tinta, dan botol pembuangan tinta bekas. Cartridge asli bawaan printer akan diganti dengan cartridge untuk infus. Sebelum melakukannya pastikan Anda rela tidak mendapat garansi lagi dari vendor printer, karena begitu tinta diisi ulang dengan yang tidak original atau cartridge diganti juga dengan yang tidak original, maka garansi akan hangus. Cartridge infus sudah dirancang menempel dengan selang tinta yang dihubungan ke botol tinta. Oya, selain itu bodi printer akan dibongkar untuk memasang saluran pipa ke botol pembuangan tinta. Anda juga harus siap kehilangan garansi untuk tindakan yang satu ini. Botol pembuangan berfungsi untuk menampung tinta kotor yang dibuang selama proses head-cleaning. Proses ini secara otomatis dilakukan printer saat printer sudah merasa eneg karena begitu seringnya memuntahkan tinta ke kertas. Secara manual pun dapat dilakukan untuk membersihkan head yang sudah mulai tak semangat mencetak. Botol pembuangan ini sebenarnya sudah tersedia di dalam bodi printer, bentuknya semacam ruangan kecil dialasi spons. Tujuannya sama, menampung tinta buangan, akan tetapi kreator sistem infus sadar bahwa produksi tinta buangan akan semakin meningkat seiring penggunaan tinta. Oleh karena itu, dibuatlah saluran pembuangan ke luar bodi printer yang ditampung di botol pembuangan. Konon kabarnya, letak ruangan pembuangan di dalam printer bertetangga dengan power supply, sehingga dikhawatirkan kelak spons yang sudah jenuh tak kan mampu menahan tinta nakal yang ingin mengunjungi tetangganya. Botol penampung tinta ini harap dikosongkan bila sudah penuh.

dsc00248.jpgLain lagi ceritanya dengan botol tinta yang tersedia sesuai jumlah warna yang dapat dicetak oleh printer. Sekumpulan botol yang disimpan di luar bodi printer ini tidak boleh diletakkan di tempat yang lebih tinggi daripada printer. Penyebabnya sistem infus dirancang untuk menyedot tinta saja, tidak untuk menahan gaya archimedes yang datang dari tempat yang lebih tinggi. Kalau tetap nekat menyimpannya di ketinggian, maka siap-siap mendapatkan luberan tinta bewarna hitam yang menghiasi kertas cetak. dsc00259.jpgBotol ini disekat dua, ruangan tinta yang satu lebih besar daripada saudaranya. Masing-masing ruangan hasil penyekatan itu ditutupi oleh katup karet di atasnya. Tinta di ruangan yang kecil merupakan tinta yang akan disedot. Tinta di ruangan lain merupakan cadangan. Oleh dsc00250.jpgkarena itu, jaga jangan sampai tinta di ruangan kecil habis, minimal setinggi 1 cm dari permukaan. Lalu, bagaimana cara memindahkan tinta dari ruang besar ke ruang kecil? Rahasianya terletak pada dua katup penutup di atas tadi. Katup karet yang dirancang untuk menahan udara itu ternyata bukan hanya mencegah agar kotoran tidak masuk atau menjaga agar tinta tidak kering. Dari katup imut ini kita diingatkan akan pelajaran fisika SMU,yakni kekuatan tekanan udara. Dengan membuka katup di kedua ruangan, maka udara akan memaksa tinta cadangan untuk berbagi ke saudaranya. Alhasil, permukaan tinta cadangan akan turun dan tinta di ruangan lain akan naik. Betul, kini ketinggian permukaan tinta keduanya sama, dan siap untuk digunakan. Oya, selama printer digunakan, pastikan katup di ruangan kecil terbuka (agar aliran tinta tidak terhambat dengan tekanan udara), dan ruangan besar tertutup. Ajaib, bukan?

dsc00256.jpgPerawatan lain yang cukup kritis berikutnya sekaligus menjadi penyembuh penyakit kronis printer inkjet. Berbeda dengan printer laser, printer inkjet punya satu titik lemah, yakni pada tinta itu sendiri. Bila tinta dibiarkan terlalu lama menunggu di head, maka lama-lama ia akan jenuh dan mulai membeku. Mudah tidaknya tinta menjadi jenuh bergantung pada kualitas tinta. Tinta original tentu lebih tahan lama. Hasilnya, bila lama tidak digunakan, printer tidak akan mampu mencetak apa-apa akibat tinta yang jenuh tadi sudah kering dan menutup saluran head. Kalau sudah begini tak ada cara lain selain harus di-servis. Bila tak cukup parah, maka 1-2 hari bisa selesai. Namun bila sudah kronis, maka bisa-bisa head harus diganti. Biayanya pun lumayan, mencapai ratusan ribu. Maka perawatan yang tepat adalah printer harus sering digunakan. Konon, jangan biarkan printer infus kesepian selama 3 hari, karena dia akan merajuk. Kalaupun tidak digunakan untuk mencetak, maka cukup hidupkan printer karena minimal dia akan membasahi head dengan membuang tinta ke botol pembuangan. Ironis memang, seharusnya printer ya..digunakan untuk mencetak, bukan dibiarkan kesepian.

Bila dirawat secara teratur, infus sanggup bertahan lebih kurang 2-3 tahun, cukuplah untuk usia printer yang murah meriah. Bila botol tinta sudah hampir kosong, jangan lupa untuk mengisinya dengan tinta baru. Dan ingat, harus dengan warna yang sama.

Konon kabarnya printer keluaran terbaru dirancang agar tidak dapat dipasangi sistem infus atau cartridge bukan original. Nampaknya penjualan tinta original jauh merosot akibat kehadiran yang serba hemat ini. Kita tunggu saja kreativitas apa lagi yang akan muncul menyikapi harga tinta yang masih relatif mahal.

About these ads

85 Responses to “Merawat Printer dengan Sistem Infus”


  1. January 28, 2008 at 2:07 pm

    “Konon kabarnya printer keluaran terbaru dirancang agar tidak dapat dipasangi sistem infus atau cartridge bukan original.”

    serius? referensi dunk….

  2. February 2, 2008 at 10:04 am

    @ Rachma: referensi webnya belum nemu, langsung dari pelaku bisnisnya, alias yg jual printer di IBCC :)

  3. March 8, 2009 at 10:48 am

    printerq canon ip1000
    ud ckup lama umrnya…
    tdinya krusakannya ga mau nytak warna merah,skerang malah ga mau nytak warna hitam…itu kenapa ya?printer yg bgus slain canon ap?budgetnya kira2 brpa?uda 2 kali gnti canon…jd nyesel gak awet..hehe :D
    trimakasih

  4. March 14, 2009 at 2:45 pm

    @ Donie: udah sering dibersiin head-nya? biasanya kalo gak keluar tinta gitu si head-nya mesti dibersiin. Kalo udah parah biasanya butuh diganti. Kalo di tulisan ini saya pakai Epson C-45, awet banget dipasangin sistem infus. Kata yang jual printer memang printer2 keluaran baru ga sebandel kakak-kakaknya yang tahun keluarnya lebih awal. Kecepatan memang lebih, tapi awetnya menurun.

  5. 7 Gatot Soetrisno
    March 24, 2009 at 3:35 am

    Canon MP145
    Warna biru nggak bisa nyetak. Dah di-deep cleaning berulang kali, tapi tetep nggak mo nyetak. Bahkan head-nya dah dibersihkan dengan air panas tetep aja nggak mo nyetak. Trus gimana solusi-nya Gung ?

  6. March 25, 2009 at 9:20 pm

    @ Gatot Soetrisno: udah berapa lama umur printernya mas? mungkin udah sampai batas ketahanannya, coba aja dibawa ke servis printer, kadang mereka punya cara ‘ajaib’ untuk kasus2 sulit :)

  7. 9 NOD32
    March 30, 2009 at 1:55 pm

    q pake canon IP1300. sekarang kalo dipake ngeprint muncul tulisan “The Ink Absorber is Almost Full”. bisa kasih bantuan G???? Pliiiiiiiiiiiiis

  8. March 30, 2009 at 11:15 pm

    @ NOD32: Sy gak tahu. Coba googling saja dgn keyword “IP1300 The Ink Absorber is Almost Full”. Itu kan kode error khusus untuk tipe printer itu, jadi solusinya juga harus spesifik sesuai masalahnya.

  9. 11 margaret
    May 6, 2009 at 3:20 pm

    agung mau tny neh, bagus gak sih pasang infus utk canon mp145?trus kenapa y waktu mau print ad tlsan E5?padahal cartrigenya itu sudah dipasang semuanya, trus tintanya juga masih ad…
    thx

  10. May 25, 2009 at 1:08 pm

    @ margaret: hmm bagus nggak-nya gak tahu persis euy. Ini seri MP, ada scannernya juga ya? baru liat buat yg printer biasa aja, tapi gak tahu harusnya juga bisa untuk seri MP. Baiknya tanya langsung ke toko yg masangin infusnya, iseng aja tanya dulu. Kalo ada error coba search aja di google, kata kuncinya error yg muncul, biasanya banyak yg udah bahas. Trims.

    • June 7, 2012 at 6:19 am

      Agung…. bego lo… posting masalah printer,,, ditanyain tentang printer gak ada tau sama sekali…
      ketahuan lu COPAS…
      malu-maluin dah jiplakan….

      • June 8, 2012 at 4:36 pm

        @Protector: Wahai akun ANONIM yang ASBUN, buktiin kalo tulisan saya COPAS. Saya sih santai saja kalau situ bilang saya bego. Goblok, tolol, idiot sekalian juga boleh :) Tambah binatang-binatangnya sekalian juga gak masalah, itung2 bonus :)

        Saya terima risiko posting SEPENGETAHUAN saya, lalu dicaci maki karena dianggap nggak tanggung jawab bikin tulisan tapi nggak bisa jawab pertanyaan. It’s fine, no problem at all :)

        Saya jadi belajar sikap sebagian orang Indonesia dalam berinternet, maunya instan dapat semua informasi dengan lengkap, nggak mau susah. Tinggal posting masalah apapun berhubungan printer di komentar, trus maksa dapat jawabannya. Saya sharing sebagian yang saya tahu, dianggap saya tahu semua. Kalau saya nggak tahu, di goblok-goblokin. Dewasa sekali, ya :)

        Kalau saya jadi temen-temen yang problemnya nggak saya tahu di sini (dan emang sesuai pengalaman saya aja), ya coba lah cari info lebih luas dari tempat service printer. Kalau sudah, tuangkan dalam bentuk tulisan sehingga yang lain terbantu dan jadi pengetahuan baru. Daripada nyampah maki-maki saya di sini, iya nggak?

        Ah, sudahlah. Nggak sekali saya ngasih penjelasan kaya gini. Toh, tetap ada aja yang lagi-lagi ngegoblok-goblokin. Daripada out of context komentar-komentarnya, saya matikan saja ya komentar untuk tulisan ini. Yang jelas, kalau nuduh COPAS tanpa bukti, ya namanya ASBUN :) Wassalam,

  11. June 13, 2009 at 5:11 pm

    ada ref untuk bikin saluran buangan g? lumayan kmrn ada pameran beli tbng kosong murah bgt, ma tinta 4 smua dpt 98rb. dah jd pasangnya. skrg lg nyari ref bikin saluran pembuangan ip1880

    kaka – yogyakarta

  12. June 13, 2009 at 10:28 pm

    @kakaceria:): ga, belum ngoprek sampe sana. Emang di sistemnya ga langsung ada saluran pembuangannya?

  13. July 6, 2009 at 7:11 pm

    mas…print ambo kering selang imfus nie…pening awak//http.stres.com

  14. July 12, 2009 at 10:37 pm

    @iwan: dibawa ke servis aja, kok bisa kering? lama ga dipake ya?

  15. 19 soer
    September 10, 2009 at 8:49 am

    terima kasih infonya….

  16. 21 angga prayoga
    October 2, 2009 at 1:27 pm

    cara merawatnya………..

  17. October 8, 2009 at 7:43 pm

    tinta isi ulang yang bagus apa ya..maksih infonya

  18. 23 regha
    October 21, 2009 at 12:09 am

    Sekedar sharing aj..
    saya pake printer epson c45..
    dah sering bgt ni printernya ga beres, tintanya kering lah, ato cm beberapa warna aj yg keluar..
    klo dah kaya gni saya biasanya pke head cleaningnya SSC service utility, head cleaning aj trus menerus ampe tintanya keluar.
    klo ga beres juga dibongkarlah sendiri, biasanya ada udara di dlm headnya yg bikin si head ngeluarin udara aj ga ama tintanya, biar udaranya keluar saya sedot pke suntikan yg aga besar ke lubang headnya, trus disedot aj ampe headnya penuh dgn tinta dn gda udaranya..
    alhamdulillah ampe skr blm ke tempat servis2nya lg dari pertama masang sistem infusnya, umur printernya sendiri udah sekitar 6/5 taunan..
    smoga bsa bantu temen2 mendapat pencerahan..

  19. October 21, 2009 at 2:30 pm

    @agung: di toko tempat saya pasang infus ini dia bilang yang bagus merek Megumi kalo gak salah.
    @regha: sama, saya juga pakai C45. Produk lama tapi awet, dipasang infus sejak lama juga masih OK sampai sekarang. Ok, trims sharing ilmunya :)

  20. November 22, 2009 at 1:31 pm

    Halo… saya mau nanya nih… saya baru beli Epson TX111 berikut sistem infusnya… pertama kali beli langsung saya pake sedangkan KATUP BOTOL TINTA tidak saya buka… jadi tintanya gak kesedot… gimana ya cara mengatasinya… terima kasih

  21. November 22, 2009 at 11:33 pm

    @Saumi: ya…kenapa ndak dibuka saja?

    • January 16, 2010 at 4:20 pm

      sekarang sudah saya buka, terus kok bermasalah yah, dimonitor muncul tulisan “cartridge cannot be recognized” masa minta diisi ulang gitu cartridgnya… can you help me please…

      • January 17, 2010 at 12:46 am

        yang dibuka apanya? katup botol tintanya apa cartridge tintanya?? kalo katup aja mah ga ada hubungannya dengan indikator yang ada di printer. Mending konsultasi langsung ke yang masangnya deh, biar jelas sambil liat langsung. Kalo online begini kan repot, siapa tahu salah persepsi. Thanks.

      • 29 hendry
        February 4, 2011 at 1:40 pm

        coba tekan tombol yg orange,,
        trus buka catrtge yg g kebaca trus pasang lagi…

  22. December 29, 2009 at 8:14 am

    Thanks atas informasinya

  23. December 29, 2009 at 8:29 am

    terimakasih atas informasinya

  24. 32 badroen
    February 10, 2010 at 9:06 pm

    mas printer mp140 dah pke infus kok g mo ngprint y? setiap mo ngprint pst kluar tulisan cancel prntng,the following ink has run out. color ,hrga cartridge na brp y?please tlongin….soalna dah buntu ni otakna hehe…

  25. 33 Teddy
    February 13, 2010 at 5:25 am

    mas mo konsultasi nih.. kok Tinta infusnya gk mau naik atau mengalir ke ketrik knap tu ya ?

  26. 36 se7en lite
    February 28, 2010 at 4:32 am

    numpang lwt bro
    @ badroen coba pk resetter atw kl mau gampang bgitu nongol tulisannya following ink has run out tekan aja tombol stop/resume slma 5-6 dtik dijamin pasti bs ngeprint dah n hrg cartridge warna yg ori di harco mangga 2 185rb kl black 160rb,

    FYI:kl untuk printer canon yg pake cartridge pg-40/pg-830 & cl-41/cl-831 jgn coba2 pake sistem infus dah bakal nyusahin soalnya sistem head cartridgenya bkn pk pompa jd serba salah kl tabung infus di naekin dikit bcor kl agak turun tinta susah naik jd harus sering2 deep cleaning boros tinta euy mending disuntik aja tetep irit n aman buat printer ama cartridgenya!!!!kl mau pk sistem infus, printer yg cocok epson krn hampir rata2 tipe headnya pake pump n ada sealnya jd gak takut tinta bocor, sekian pengalaman dr gue bro.

  27. 37 fariha
    March 29, 2010 at 6:41 pm

    thanks banget buat infonya.
    jd tmbah ilmu.

  28. 38 topan
    April 19, 2010 at 7:03 pm

    coy thanks for the tips

  29. May 3, 2010 at 1:02 am

    makasih atas infonya. semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

  30. 42 asrizal lubis
    May 22, 2010 at 9:01 am

    Punten ..
    Saya punya printer epson TX 111 Infus .. tapi da gosip kalo TX 111 Infus sering ngadat …
    betul ga sh ??
    Jadi ga tenang nh ..

  31. 44 Hasbi
    June 2, 2010 at 3:17 pm

    sory mas…wa btuh solusi nih…..!!!!

    printer wa epson stylus t11…wa psangin infus skitar Mei lalu tpi skrang dah bermsalah nih…..tinta infusx ga mau ngalir ke cartridgex….empat2x malah….udah wa coba dorong pake spoit tapi pas wa cabut spoitx….bukanx ngalir tpi malah trhisap balik ke bak tintax…..mohon solusi dong bro…..as soon as possible gitu!!!!

  32. June 22, 2010 at 5:02 pm

    Mas agung… mau nanya nih… gimana cara isi ulang Catridge printers Brother type DCP-145C.. aku kesulitan banget, gak tau lubangya… mohon pencerahannya. terimakasih

  33. 48 Adheetama
    June 23, 2010 at 11:11 pm

    bro, beli pipa/selang karet yang dipasang diujung suntikan untuk nyedot tinta dari cartridge infus tuh dimana yah bro, ada yang bilang ditoko bangunan, tapi sudah diubek2 kok gak ada yang tau katanya… pernah punya dulu tapi ilang …

  34. June 27, 2010 at 1:44 pm

    bro…ane bru beli printer infus Canon pixma ip2770
    kok di printer ane gak ada botol pembuangannya ya bro???
    cara nambahin botol pembuangan tsb bgmana bro???

  35. July 4, 2010 at 10:17 am

    pagi mas, mau nanya sy kan pke printer epson c58 kenapa yach hasil print sering kabur tulisannya apalagi klo dipake ngprint banyak. klo mau bagus mesti di head cleaning dlu. itu juga bagusnya cuma bt 2 lembar ksananya kabur lagi. Pdhl printernya dipake tiap hari. Mohon petunjukny mas biar printernya shat lagi…Thx

    • 52 Skets
      August 17, 2011 at 11:07 pm

      Gw juga pake C58 dari tahun 2004 ampe sekarang fine-fine aja, pengalaman sama pernah demikian, tadinya gw suka pake tinta merk apa aja kagak liat kualitasnya yg penting cocok utk jenis type printernya, dibawa ke servis ternyata cuma dikuras & diganti tintanya dengan yg bagus kualitasnya, hasilnya normal kembali, jadi brow coba pake tinta yg kualitasnya prima, mahal dikit tapi awet ke printernya. Dari pengalaman berharga itu sampe sekarang gw selalu pake tinta yg bagus aja daripada nantinya rewel toch masih tetep murah dibanding dg yg ori.

  36. July 19, 2010 at 7:35 pm

    @budi: masa gak ada? Kan satu paket ama sistem infusnya
    @Irfan: udah lama ya headnya? Emang suka begitu.

  37. 54 wahyu
    August 20, 2010 at 12:21 am

    info:
    bagi yang punya printer canon ip1300, ip1700
    saya punya ink resetter, tinta habis bisa digunakan lagi (alias di suntik) dan dapat memulihkan indikator tinta menjadi full lagi.

    BERMINAT…???

    contact : andy.tampano@yahoo.com

  38. September 7, 2010 at 11:30 am

    iya saya juga punya printer canon ip 2770, botol pembuangannya nggak ada, kemudian baru gw pakai seminggu tiba2 setiap ngeprint ada peringatan low ink (tinta akan habis), gmana solusinya nih boss

  39. 57 Nanda
    November 7, 2010 at 12:57 pm

    begini mas agung, printer saya Epson C90 infus,kondisi botol tinta warna kira2 2-3cm dari dasar botol,yang hitam 1,5cm dari dasar botol karna sering dipakai. tinta tidak mau mengalir lagi ke cartridge,kemungkinan ada udara di selang atau tinta yang mengering di cartidge-nya (printer jarang dipakai).
    1. gimana cara buang udara atau setidaknya mengatasi keringnya tinta di cartridge?
    2. karna tinta jarang dipakai,apa perlu diganti semua dengan yang baru?

    trims..

    • 58 Skets
      August 17, 2011 at 11:17 pm

      Hallo brow… bagi-bagi pengalaman aja,
      yg pertama kali karena pake infusan usahakan tinta selalu dlm keadaan lebih dari sepertiganya tinggi botol tintanya amannya sech setengahnya.
      selanjutnya untuk menghilangkan udara pada selang, coba dihead cleanning terus ampe udara pada selang itu hilang tersedot ke catridge dan akhirnya selang terisi penuh oleh tinta.
      Selamat mencoba….

  40. 59 aisyah
    November 10, 2010 at 11:33 am

    bru ja bli prnt canon pixma ip2770,,udh g mw tnta wrna mrh kluar
    tu gmn cranya bar
    dia kluar???

  41. 60 Agung Firmansyah
    January 29, 2011 at 12:30 pm

    Printer canon Infus selang na sering masuk angin.

    • March 8, 2011 at 4:01 pm

      klo masuk angin di selang, coba masuk ke control panel->printers and faxes->printing preferences->klik kanan pada printer canonnya(pastiin kondisi printer hidup/ready)->printing preference->pilih deep cleaning, maka tinta pada selang akan terisi kembali

  42. 62 ANDRE
    March 17, 2011 at 2:05 pm

    Mas Agung aku punya printer C45,saya kehilangan chip restter untuk isi tinta…saya sudah cari restter kemana mana dagh gak ada…solusinya gimana ya supaya bisa isi tinta tanpa harus nempelin chipresetter catridge ??? mohon solusinya mas,Trims

    • 63 Skets
      August 17, 2011 at 11:22 pm

      Ada beberapa cara utk reset printer pake chip ato software, coba browsing aja diinternet software resetternya….

  43. 64 bambang
    March 24, 2011 at 8:59 pm

    Bos mohon informasinya tentang isi ulang printer brother DCP J 125, saya coba belum ketemu caranya trimks

  44. 65 likhin
    April 5, 2011 at 10:20 am

    wah numpang nanya mungkin ada yang punya saran

    saya pakai T11 tapi sekarang lodingnya lama banget kira-kira apanya yang rusak ya????

  45. May 9, 2011 at 5:08 pm

    mantab gan infonya…

  46. 67 jonny
    May 11, 2011 at 12:55 pm

    kalo pasang infus atau ganti infus brpa y??? dan lokasi tempatnya dimana?

  47. October 1, 2011 at 3:26 pm

    Mohon pencerahan nya….. saya baru beli printer canon iP2700.. sekarang tinta nya habis… saya bingung.. mw di isi dengan suntik pa di Infus aja….. V klo di Infus banyak isu yang beredar Sering Ngadat……. Mohon pencerahan nya ya.. Secepatnya……!!!!!!!!!!!!!!!

    • 69 Fathur
      October 8, 2011 at 9:33 pm

      Saya pernah membelikan teman saya printer canon ip2770 diinfus dan ngadat, akhirnya infusnya dilepas, tapi nggak tau ya, saya sering main ke tempat temen saya tukang servis printer banyak tuh printer canon ip2770 yang diinfus, kayaknya printer tu kalo tintanya habis gak bisa jalan ya? kalo saya pake canon pixma ip1880 dah beberapa tahun masih bagus, bahkan sampai sekarang masih saya gunakan untuk cetak foto, baru-baru ini saya pasang infus, kemarin pernah rusak gara-gara ada kecoa masuk dan mengacak-acak dalam printer (pas beli saya second).

  48. 70 oka
    October 9, 2011 at 5:10 pm

    gimana caranya,printer ku ngga’mau keluar hasilnya klo ngepritn warna,di slang nya tak lihat kok kosong,smntra di kotak/tabung tinta bnyak,udah tak coba sedot,pas habis di sedot dia malah kosong lagi slangnya….

  49. 71 dodol
    October 20, 2011 at 3:13 pm

    wkwkkw ngepost cari pengetahuan dulu bos.. g ngerti printer ngepost ttntg printer.. mati kutu kan ga bisa jawab??

    100% koplak bwt Agung

  50. 73 cicilia
    October 27, 2011 at 6:30 pm

    saya punya masalah pada printer canon ip2770 yaitu
    1 tinta warna merahnya kl bwt ngeprin warnax kok agak kecoklatan?
    2 tinta pada tabung infus masih banyak tapi pada pemberitauan pada saat ngeprin kok muncul ink low dan pada gambar tintax ada tanda serunya? gmn cara mengatasinya…… trims tlg d balas ya

  51. 74 cicilia
    October 27, 2011 at 6:40 pm

    saya punya masalah pada printer ip2770
    1. tinta warna merahnya kl d prin hasilnya agak kecoklatan
    2. tintapada tabung infus masih banyak tapi pada saat d pakai ngeprin ada pemberitahuan ‘Ink is running low. View the ink details’.dan ada tanda serunya pada gambar tintanya. gmn cara mengatasinya? tolong dibalas lewat email ya trims

  52. November 4, 2011 at 10:14 am

    gimana si cara ngilangin udara yg di selang infus?

  53. 76 Nisa
    November 29, 2011 at 9:32 pm

    mnurut mas,, lbih baik sistem infus ini atau yg biasa..
    print aq msh bgs sich,, tp ad tmen nyranin tuk gnti sstem infus az. ktanya lbih bgs,, bner ga mas??
    mohon bantuannya..

  54. December 13, 2011 at 10:01 pm

    @All: Sori kalau komen gak saya balas. FYI lihat halaman depan, blog ini sudah tidak saya update lagi.
    Saya gak punya toko printer dan kerjaannya gak service printer, so saya cuma share pengalaman saya saja. Kalau ada yang bilang saya bego soal printer, ya emang saya bukan ahlinya :P Kalau situ lebih tahu ya situ aja yang posting solusinya.
    Kalau masih bingung ya tanyalah langsung ke toko service printer, simpel kan?

    Anyway, trims sudah mampir dan meninggalkan jejak. Cheers :)

  55. 78 doyok
    December 16, 2011 at 11:42 am

    tolong donk saya pke printer canon iP2700 kenapasih ada tulisan Ink has run out. View the ink details.
    padahal tinta ya masih full

    tolong di pandu
    ex;doyok

  56. January 18, 2012 at 8:53 pm

    Terimakasih ya, atas info & ilmuya… bagus tulisannya

  57. January 25, 2012 at 11:44 pm

    mas , stelah bertmu blog ini saya sadari knapa printer saya tidak mau mencetak lagi , pdahal bru ganti catridge utk di infus , saya tidak perna membuka katup dan tinta saya letakkan di tempat yg lebih tinggi ,

    skrg printer tidak mw menyedot tinta , apa yg sbaiknya saya lakukan

  58. 81 Ochim
    March 6, 2012 at 2:16 pm

    Wah perawatan printer ribet jg ya,btw ni byk komentar ngeluh ttg printer tp ms.agung ga bs kasih solusinya,dr atas sampe bwah kok jwbnya cm ‘saya ga tau,blm prnh nyoba’ ato ‘coba bawa k service center’,jgn2 postingan ini hoax lg.

  59. March 7, 2012 at 9:19 am

    @All:
    Guys, please deh. Memangnya masalah printer cuman satu dan saya selalu tahu solusinya. Gimana sih logika mikirnya? Yang saya temuin masalah yang kaya begini dan saya share solusi untuk masalah spesifik tersebut.
    Apa masih ada masalah lain? Oh, banyaaak.
    Apa mas tahu solusinya? Ya kalau saya nggak mengalami masalah itu, ya saya nggak bakal repot-repot nyari solusinya.
    Terus kalau saya punya problem dan mas gak bisa jawab gimana? Ya cari di tempat lain solusinya.
    Apa mas bodoh atau tulisan ini hoax? Ya saya emang bodoh dan saya nggak harus tahu semua solusinya. Hoax? Terserah situ mau ngomong apa, saya cuma share pengalaman saya.

    Gw jujur nggak ngerti logika orang yang mikir gw tahu semua solusi printer bermasalah. Trus sampe kecewa, marah-marah, dan nuduh hoax di blog gw. Etikanya gimana sih?
    Paling gampang pergi ke tukang sservis printer dan tanya di sana. Repot amat, sih :P

  60. 83 WAHYU SYAHPUTRA
    March 12, 2012 at 2:33 pm

    saya ingin bertanya,knp ya waktu saya ngeprin tintanya koq bisa benjir didalam mesinnya?

  61. April 2, 2012 at 12:55 pm

    thanks bang agung untuik infonya..
    oya saya mau tanya sedikit, sayabeli ip2770..
    tp sistem pembuanganya gak keluar, saya khawatir tintanya becek di dalem…
    mohon referensinya ya..
    thanks..

  62. 85 firman
    May 17, 2012 at 12:02 pm

    boss, printer saya diinfus terus yang dipasang cuma pembuangan tinta hitam aja, apakah akan bermasalah ????


Comments are currently closed.

My Facebook

Agung Prasetyo

Halaman

For Sale: Biola 3/4 Skylark

Arsip

Kategori

Butuh layanan software open source?

Kunjungan

  • 154,652 klik

RSS Fortune Apple 2.0 News

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Advertisements & Awards

Komunitas Pengguna Apple Macintosh Indonesia



Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: