26
Apr
07

Lampu dim nafsu, eh perhatian

        Pengendara mobil yang memberi sinyal lampu dim pada pengendara di depannya dari arah berlawanan biasanya punya beberapa maksud. Di antaranya bila si pengendara kenal dengan pengendara di hadapannya, dengan harapan keduanya bisa saling menyapa. Maksud lainnya adalah si pengendara ingin diberi kesempatan untuk menggunakan jalan terlebih dahulu sebelum pengendara di hadapannya. Hal ini terjadi biasanya saat salah satu pengendara ingin berbelok masuk ke jalur pengendara lain atau memotong jalur tersebut. Cukup dengan memberi sinyal dim sekali (kalau nafsu ya bisa berkali-kali) si pengendara berharap pengendara lain mengalah untuk dirinya.

Hal ini saya alami tadi pagi. Saya harus berbelok ke kanan di tikungan sebelah Gasibu yang dekat dengan jalan naik fly-over Pasupati. Untuk melakukannya saya harus memotong jalur kendaraan dari arah yang berlawanan. Suasana jalan tidak padat sehingga saya bisa leluasa untuk segera bersiap membelok setelah memberikan lampu sign kanan. Saya tidak merasa perlu memberikan dim untuk meminta didahulukan karena jalan tidak padat, hanya ada dua mobil yang masih relatif jauh dari tikungan. Selain itu, saya memang tidak biasa melakukannya, sabar aja mas.
Anehnya, mobil kijang warna silver/gading yang masih relatif jauh dari tikungan memberi lampu dim sekali pada saya.

“Hei, apa maksudnya? dia kan masih jauh…nafsu amat”, pikir saya. Biasanya kalau sudah nafsu, lampu dim dimainkan dan kecepatan ditambah untuk lewat duluan.

Saya cuek saja dan segera memutar stir.

“Masya Allah!”

Tanpa saya sadari sebuah motor yang dikendarai oleh seorang perempuan memotong jalur mobil saya tepat di pojok kanan depan!

“Ya Allah!, apa itu barusan!” , saya terkejut dan baru menyadarinya setelah mobil selesai berbelok. Seingat saya, saya tidak mengubah arah stir dan kecepatan saat berbelok. Artinya, saya sama sekali tidak melakukan refleks apa-apa saat motor itu melintas karena kejadiannya begitu cepat! Jarak kami begitu dekat! Kalau kecepatan ditambah sedikit saja…

Jarak tikungan itu relatif jauh dari tikungan sebelumnya! Kalau dekat mungkin saja ada pengendara yang akan mengambil jalur lurus. Saya saat itu tidak melihat spion karena asumsi ini (lain kali liat dulu mas). Lagi pula, posisi pengendara itu tidak benar karena sisi kanan adalah untuk yang belok kanan, bukan yang mau lurus.

Sambil berdzikir dan bersyukur tidak terjadi kecelakaan, saya teringat pengendara kijang tadi dengan lampu dimnya. “Ya Allah, dia itu mau ngasih peringatan sama saya karena dia tahu ada motor yang akan memotong jalur mobil saya dan jaraknya terasa begitu dekat tanpa saya sadari!”

Saya salah sangka, buruk sangka tepatnya. Makasih pengendara kijang, siapapun Anda. Walaupun peringatan (saya menyebutnya perhatian, karena di jalanan umumnya orang pada cuek sama pengguna jalan yang lain) itu tidak berpengaruh buat kejadian tadi, tapi saya senang dan bersyukur masih ada yang perhatian terhadap keselamatan orang lain di jalan, walaupun ia tidak mengenalnya.

Alhamdulillah, beda 1 senti saja…pagi ini mungkin ada nyawa yang melayang


2 Responses to “Lampu dim nafsu, eh perhatian”


  1. April 26, 2007 at 10:10 am

    Alhamdulillah pak, memang sering sekali kita mendapatkan peristiwa yang menurut hitungan kita, seharusnya sudah ‘selesai’ kisah kita.. semoga jadi pelajaran.

    apa kabar? wah..sy baru tau blognya gini ya..😀

  2. April 26, 2007 at 11:26 am

    *trian : betul, alhamdulillah. Suwon udah mampir ke sini, maklum baru belajar


Leave a Reply

My Facebook

Agung Prasetyo

Halaman

For Sale: Biola 3/4 Skylark

Arsip

Kategori

Butuh layanan software open source?

Kunjungan

  • 177,170 klik

RSS Fortune Apple 2.0 News

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Advertisements & Awards

Komunitas Pengguna Apple Macintosh Indonesia



