Tugas Akhir adalah…

Tugas Akhir atau akrab dengan akronim TA. Dua huruf yang seolah-olah menjadi penjaga pintu gerbang kelulusan seorang mahasiswa. Sebuah medan perjuangan perasaan antara, antara menumpahruahkan ilmu dan pengalaman belajar selama minimal 4 tahun dan euforia kelulusan yang sudah di depan mata.

Bagi mahasiswa tingkat akhir, istilah inilah yang sering ditanyakan orang pada dirinya.
“Gimana TA-nya?”
“Dah sampai mana TAnya?”
“Kapan sidang TA-nya?”
Begitu seterusnya. Penanya barangkali bukan hendak mendengar jawaban yang sebenarnya, karena bisa saja sebuah sindiran halus yang bermakna “Kok belum lulus?” .Begitulah kisah TA.

Bagi yang merasakan begitu ‘wah’ nya makna lulus dan wisuda, pengerjaan TA layaknya sedang membawa beban harapan orang tua dan keluarga, teman-teman, dan orang-orang spesial lainnya. Bila beban ini terasa begitu besar, bisa jadi kualitas TAnya tidak sebaik yang diharapkan akibat merasa “yang penting cepat lulus”.

Untuk yang satu ini, saya teringat perkataan Dosen TA saya tentang TA ini.
“TA itu hanya total 6 SKS, TA-1 : 3 SKS dan TA-2 : 3 SKS.Artinya, apapun TA kamu, ya alokasikan untuk mengerjakannya total 9 jam seminggu (untuk masing-masing TA-1 dan TA-2). Jangan membebani diri dengan berpikir TA itu harus yang ‘wah’ sampai-sampai menyita waktu dan menyulitkan diri sendiri.”

Ya! Beliau benar! TA itu ya sama seperti kuliah lain yang pernah dijalani. Begitu banyak kuliah-kuliah sebelumnya yang 3 SKS, dan toh nyatanya lulus! Kerjakan sisanya lagi yang 3 SKS, maka selesailah kedua tahap TA itu. Luluslah Anda. Tidak lebih. Hanya saja proses kuliahnya ditambah dengan presentasi, bimbingan, dan proses pengujian yang diberi nama “sidang”. Begitulah TA, jangan terlalu menjadi beban, dan jangan pula diremehkan.

Oya, lebih menarik lagi kalau TA ini menjadi latihan awal kita untuk tahap setelah lulus, apakah hendak melanjutkan S2 dengan bahan riset yang diawali dari TA atau latihan menguasai teknologi tertentu yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Membuat produk yang kelak bisa dikembangkan untuk dijual atau membangun usaha sendiri alias entrepreneur juga tak kalah asyik.

Jadi, “Gimana TA-nya?”.
🙂

9 thoughts on “Tugas Akhir adalah…

Add yours

  1. *Trian : it’s complicated
    *Uqi : untung gak ada wisuda bulai Mei, kalo gak anekdot ini bisa dipake terus…
    *Faizah : Amin, sama2 ujian2 di sana Fai
    *Arif : Ayo Rif, cepet2an aja yuk 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: