19
Jun
07

Reading Revolution (1)

Buku BacaSejarah dicatat semenjak manusia pertama kali mengenal tulisan, dan semenjak itu peradaban manusia berkembang dalam kecepatannya yang mencengangkan. Ya, menulis dan membaca tulisan merupakan keterampilan dasar yang harus dikuasai manusia yang ingin terus memajukan peradabannya, karena dengan keduanya ilmu diajarkan, disebarkan, dan dikelola agar hari esok lebih baik daripada hari ini (agar tak mengulangi kesalahan yang sama sekaligus mencoba hal-hal baru yang belum dilakukan sebelumnya). Pentingnya tulisan dan membaca salah satunya diajarkan Allah melalui RasulNya dalam permulaan surat Al-‘Alaq dan Al-Qalam, harusnya menjadi motivasi lebih buat kita untuk terus mengasah dua kemampuan dasar ini.

Membaca? tidak ada yang aneh dari keterampilan yang sudah diajarkan sejak kita duduk di TK ini. Mulai dari mengenal huruf, mengeja, membaca satu kata, satu kalimat, hingga satu paragraf. Teringat masa-masa TK saat mengeja nama sendiri menjadi sebuah perjuangan yang patut dipuji. Kemudian seiring dengan waktu kita diajari menulis tegak bersambung dan cara membacanya. Membaca di depan kelas dan didengarkan kawan-kawan pun pernah kita jalani, yang membuat beberapa kawan sampai keringat dingin karena tidak cukup lancar melakukannya. Begitulah seterusnya kita belajar mengkonsumsi semua ilmu yang kita pelajari melalui membaca, membaca, dan membaca. Dari buku satu ke buku yang lainnya, mulai buku tipis dengan spasi dan huruf yang besar-besar sampai buku kuliah yang berspasi satu, berhalaman sekian ratus, dan berhuruf kecil-kecil.

Dari semua pengalaman membaca itu, terbersit pertanyaan mendasar “apakah keterampilan membaca saya semakin baik?” yang biasanya kita tanyakan saat kita merasa “kok udah dibaca beberapa kali nggak ngerti-ngerti juga sih ni buku!”. Atau apakah kita juga sering tidak selesai menghabiskan satu buku hingga halaman terakhir? Atau kita membutuhkan waktu cukup lama untuk menamatkan satu buku dengan tebal tertentu sampai-sampai kita menyerah sebelum sampai habis? Atau kita keburu mengantuk saat baru sampai bab pendahuluan?

(bersambung… )


0 Responses to “Reading Revolution (1)”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


My Facebook

Agung Prasetyo

Halaman

For Sale: Biola 3/4 Skylark

Arsip

Kategori

Butuh layanan software open source?

Kunjungan

  • 177,170 klik

RSS Fortune Apple 2.0 News

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Advertisements & Awards

Komunitas Pengguna Apple Macintosh Indonesia



%d bloggers like this: