29
Jun
07

Hidupnya Membuat Orang Lain Spesial

Beberapa hari yang lalu salah seorang saudara perempuan ibu meninggal dunia akibat penyakit yang dideritanya. Sebelum kepergian beliau, saya sempat menjenguknya saat beliau terbaring di rumah sakit, sekitar sebulan yang lalu. Penyakit yang dideritanya ternyata sudah dalam tahap yang lanjut sehingga terlambat untuk disembuhkan, selain karena langkanya jenis penyakit yang dideritanya. Dia adalah perempuan yang, walaupun jarak kami berjauhan, mempunyai arti spesial bagi saya, terutama saat saya masih kecil dan bagi semua orang yang mengenalnya. Itulah yang bisa saya simpulkan saat keluarga besar dan kerabat mengantarkan jenazahnya untuk yang terakhir kali. Bukankah siapa kita bisa tercermin dari apa yang dirasakan orang-orang yang pernah mengenal dan hidup bersama dengan kita saat kita mati?

Semuanya merasa kehilangan sosok yang menurut mereka penuh kasih, hangat, penyayang, membangkitkan semangat, perhatian, berdedikasi, dan yang paling penting: mampu membuat setiap orang yang dikenalnya merasa spesial di hadapannya, dan hebatnya, dia melakukannya pada semua orang. Keluarga dan kerabat bersedih menangisi kepergiannya, seolah tak percaya belum seberapa lama mereka masih sempat bekerja bersama, menjenguk sanak saudara, sampai bernostalgia dengan masa lalu. Memang, kepergiannya terasa begitu cepat bagi yang mencintainya.

Kerabat yang datang menggambarkan perhatiannya yang masih kuat terhadap orang lain. Yang sempat saya ketahui ada teman bermain saat kecil, teman SMA, teman kuliah, pembantu yang dulu mengasuh anaknya saat masih kecil, rekan kerja di beberapa perusahaan yang berbeda, dan sebagainya. Karangan bunga untuknya juga menggambarkan hal yang sama, mulai dari perusahaan yang pernah disinggahinya sampai organisasi profesi sarjananya.

Keluarga dekat tentu lebih diperhatikannya. Menjadi anak yang tertua membuat beliau harus berjuang untuk menyelesaikan studinya dengan baik dan segera bisa membantu adik-adiknya yang berjumlah 7 orang. Bantuan demi bantuan terus dilakukannya sampai adik-adiknya punya anak dan cucu, dan tak lupa pula beliau mendoakan kebaikan kepada mereka.

Siang itu, cuaca yang mendung memayungi acara pemakaman di daerah Jakarta Timur. Puluhan orang berkumpul di sekitar makam setelah sebelumnya jumlah orang yang lebih banyak datang ke rumah duka, akan tetapi pesannya sama, kami kehilangan sosok yang spesial. Seorang yang punya satu kelebihan, yang kami sepakati bersama, dan salah seorang kerabatnya mengulang kesan itu kembali sebelum tanah menutupi makam. “Ibu adalah orang yang mampu membuat orang lain merasa spesial di hadapannya, padahal itu dilakukannya pada semua orang“. Ya, begitulah yang dilakukannya selama hidup. Pasti tidak mudah, pasti banyak pikiran, dan pasti banyak berkorban. Tapi semoga yang pasti juga, ia bahagia melakukannya…Selamat jalan, Bude Sri.

Kawan, dengan cara apa kelak kita dikenang saat mati?

NB: Menilai siapa kita, menurut Stephen Covey, salah satunya dengan melihat apa yang dikatakan orang tentang saat hari pemakaman kita. Pendekatan ini, memang bisa dilakukan dan jelas tidak bisa kita bantah. Orang akhirnya tahu siapa kita. Tapi biasanya orang bisa saja membagus-baguskan kita untuk menghormati orang yang sudah meninggal. Di sini siapa kita jadi tidak terlalu objektif, walaupun bisa menggambarkan sedalam apa kita di hati orang-orang yang masih hidup. Maka dalam Islam, siapa kita yang sebenarnya, dan harus kita pikirkan adalah saat bertanggung jawab di hadapan Allah kelak, yang Maha Mengetahui segala isi hati dan Maha Menghitung segala sesuatu.


2 Responses to “Hidupnya Membuat Orang Lain Spesial”


  1. July 2, 2007 at 1:53 pm

    Innalilahi wainnalilahi rojiuun … semoga amal dan pahalanya diterima oleh 4JJ, tabah ya Gung🙂

  2. July 8, 2007 at 10:26 am

    @Freddy : ok, thanks Fred🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


My Facebook

Agung Prasetyo

Halaman

For Sale: Biola 3/4 Skylark

Arsip

Kategori

Butuh layanan software open source?

Kunjungan

  • 177,170 klik

RSS Fortune Apple 2.0 News

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Advertisements & Awards

Komunitas Pengguna Apple Macintosh Indonesia



%d bloggers like this: