11
Jul
07

WinCatalog Light : Rapikan Koleksimu

Pada suatu hari yang sibuk, Zainuddin yang seorang mahasiswa itu membutuhkan sebuah software Antivirus untuk membantunya membasmi virus-virus nakal yang bersarang di komputernya. Saking nakalnya, kini banyak folder palsu yang ternyata jika diklik akan menghidupkan si virus dari tidurnya, bahkan lama-lama bisa menghapus file-file tugas kuliahnya. Gawat! pikirnya. Maka dia mulai mengingat-ngingat bahwa dia pernah punya antivirus yang OK, tapi ada masalah. Dia lupa di mana ia menyimpannya, atau lebih tepatnya di CD yang mana. Penggemar program dan mp3 bajakan ini punya banyak koleksi CD, tapi sayangnya ia tak punya catatan isi setiap CDnya. Maka yang dilakukannya adalah ia mencari antivirus itu di setiap CD yang kira-kira di sanalah tempat si antivirus. Masukkan CD pertama, lalu cari “antivirus”. Tak ada. CD kedua. Tak ada. CD ketiga sampai kelima. Tak ada juga. CD yang lain tidak ada antivirus yang baru, maka diulanginya pencariannya, kali ini ia cari sendiri. Setelah sejam berlalu, ia baru sadar, temannya Azis meminjam CD yang berisi antivirus itu. Azis….Azis.

Tunggu, pikir Zain. Kalau nanti butuh file lain di CD masak harus capek begini mencarinya. Apa ndak ado cara yang lebih rancak untuk menemukannya? Bagaimana pula kalo file itu ada di flashdisk? DVD? Awak cari aja di internet, siapa tahu basuo sama software kecil (tools) yang tepat. Maka Google pun disambangi, dan pencarian dimulai…sampai Zain menemukan “WinCatalog Light”. Ini yang awak cari!

  1. Simpan informasi isi dari CD, DVD, flashdisk, folder, hardisk ke dalam koleksi. Program ini hanya menyimpan informasi isi saja, bukan file yang sebenarnya. Jadi, masukkan CD/DVD atau yang lainnya kemudian program akan menyimpan daftar semua file yang ada di dalamnya ke dalam koleksi kita (Add Volume). Lakukan langkah ini untuk setiap CD/DVD koleksi kita.screenshot001.png
  2. Cari file yang kita butuhkan lewat Tools > Search. File akan dicari dari semua koleksi yang kita punya. Bagi Zainuddin, ini akan memudahkannya. Hasil pencarian akan memperlihatkan lokasi file tersebut, dalam hal ini ada di CD yang mana. Beres, tidak perlu buka CD satu demi satu untuk mencarinya.
    screenshot003.png
  3. Mau mencetak koleksi lagu, program, atau data? File > Export/Import > Folder to.csv akan membantu kita membuat daftar koleksi dari CD/DVD yang kita inginkan. Tipe file ini (.csv) secara otomatis akan dibuka di Microsoft Excel setelah menu di atas dijalankan. Hasilnya? Sudah berupa tabel daftar yang bisa kita olah lagi agar lebih rapi.
    screenshot002.png
  4. Masih ingat CD Zain yang dipinjam Azis? Masukkan nama orang-orang yang meminjam koleksi kita pada Edit > Contact list. Lalu, bila sebuah koleksi dipinjam, klik kanan pada koleksi itu, pilih Lend to > Azis (nama ini bergantung pada isi Contact list tadi). Sudah, sekarang Zain tahu bahwa CD antivirusnya dipinjam Azis. Tak perlu habis waktu sejam untuk melakukannya. Mungkin laptop punya Hayati juga kena virus, jadi siap-siap saja CD itu akan dipinjam Hayati.screenshot004.png

Alhamdulillah, rancak bana! Freeware pula alias gratis, tak perlu di-crack atau dibajak. Kini Zain bisa tenang merapikan semua koleksinya. Eh, tunggu…Zain rasanya mulai berpikir tentang koleksi bajakan yang ia punya. Program, MP3, dan film. Rasanya freeware keren juga, capek hati juga bajak membajak ini. Gimana ya? Rasanya pernah dengar juga soal software open source, apa pula itu? pikir Zain.

Ketiga tokoh di atas dihidupkan dari sini.
WinCatalog Light : http://www.wincatalog.com/light.html


2 Responses to “WinCatalog Light : Rapikan Koleksimu”


  1. July 11, 2007 at 3:02 pm

    Assalamualaikum akhi..

    Ini TA antum ya?

    Atau antum udah selesai ya?

    Ane lupa euy..

    Belum ada kabar lagi, kita udah lama ga silaturahim.

  2. July 16, 2007 at 9:50 am

    @Aji: Wa’alaikumsalam akh Aji. Ini bukan TA saya, review freeware yang oke aja. Saya belum lulus, boleh kapan atuh da masih di sini-sini juga🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


My Facebook

Agung Prasetyo

Halaman

For Sale: Biola 3/4 Skylark

Arsip

Kategori

Butuh layanan software open source?

Kunjungan

  • 177,170 klik

RSS Fortune Apple 2.0 News

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Advertisements & Awards

Komunitas Pengguna Apple Macintosh Indonesia



%d bloggers like this: