23
Jul
07

Self Digesting dan Menulis

m-self_digesting.jpgSaya coba membaca ulang sebuah buku karya Pak Hernowo yang berjudul “Self Digesting, Alat Menjelajahi dan Mengurai Diri” terbitan Mizan Learning Center (MLC). Dalam buku ini beliau menawarkan cara yang ringan dan menyenangkan tentang bagaimana mengenali diri, yakni sebuah perjalanan yang sangat panjang dan mustahil berakhir. Dimulai dengan pembahasan tentang manfaat ilmu bagi diri, apakah ternyata ilmu itu membuat kita semakin asing dengan diri kita, ataukah ilmu itu sebenarnya membuat kita bercahaya dan rendah hati? Lalu apa saja tanda-tanda seseorang yang menguasai suatu ilmu? Di sini beliau menekankan kembali mengenai pembelajaran yang bermakna, yakni ketika suatu ilmu yang dipelajari seseorang bertemu dengan pengalaman pribadinya sehingga ilmu tersebut menyatu ke dalam diri dan memunculkan perasaan bahagia pemiliknya. Dalam buku-buku Mizan perasaan ini ditandai dengan munculnya kata “Aha!” atau “Eureka!”.

Mengenali diri, dalam buku ini, dimulai dengan sikap memedulikan diri, yakni sikap menemukan apa yang cocok secara unik untuk diri kita sendiri sehingga diri mampu melihat dunia dengan cara yang berbeda. Sikap ini membuat pemiliknya menjadi lebih bahagia, dan dengan itu ia dapat mencahayai orang lain untuk memedulikan diri mereka sendiri dan menemukan kebahagiaan pula. Dalam sikap memedulikan diri ini, ada sebuah cara pandang sederhana tentang diri, yakni “diri saya yang terbaik!”. Ya, bukankan “diri yang terbaik!” adalah yang selama ini kita cari? Kalau kita tidak mampu memedulikan diri kita dengan baik, maka orang lain pun serasa tidak pernah cukup untuk membantu kita dan membuat diri kita bahagia.

Perjalanan mengenali diri berikutnya akan sampai pada pengenalan diri yang memiliki banyak potensi, menyimpan motivasi, memendam hasrat, mengingingkan kebebasan, dan memancarkan keunikan (Wow, bagian ini cukup panjang kalau dijelaskan, baca langsung dari bukunya saja ya hehe). Lalu saat diri mulai menampakkan kelebihan-kelebihannya dalam wujud karya-karya nyata dalam waktu yang tidak sebentar, di situlah perlahan terbentuknya karakter diri. Itupun bukanlah akhir dari perjalanan mengenali diri, sebab bukankah potensi manusia hampir tak terbatas? Bukankah masih terbuka kesempatan untuk berubah dan memperbaiki diri?

Nah, ada satu alat, menurut beliau, akan banyak membantu kita mengenali diri. Beliau nampak sudah berpengalaman dalam hal ini. Coba tebak,… apakah itu? Eng ing eng… betul! alat itu berupa sebuah aktivitas yang bernama menulis! Karena menulis dapat membantu seseorang untuk membebaskan diri dari tekanan, mengekspresikan secara total pengalaman diri, dan menata pikiran. Bagaimana, sudah ketemu “Aha!”-nya?🙂

Ada beberapa hal yang menarik dari buku ini. Cara penyampaian Pak Hernowo dalam menuntun pembaca melewati bab demi bab terasa mengalir dan tidak menggurui. Sebagian besar poin penting dan akhir bab ditutup dengan pertanyaan yang membuat pembaca penasaran untuk bertanya pada dirinya sendiri lalu menemukan jawabannya pada bab berikutnya. Jadi lebih terkesan sedang berbagi pengalaman. Mungkin itu juga yang beliau harapkan agar pembacanya merefleksikan ilmu ini pada pengalaman dirinya sendiri. Di sisi kiri buku ada kata-kata bijak tentang mengenali diri dari tokoh-tokoh dunia, walaupun tidak selalu berhubungan dengan pembahasan di sisi kanannya. Bentuk ini seperti buku Quantum Learning, yang meletakkan ilustrasi menarik untuk otak kanan di sisi kiri agar tidak bosan dengan deretan tulisan di sisi kanan untuk otak kiri. Selesai membacanya justru terasa menambah pertanyaan, bukan merasa puas. Tapi bukankah pertanyaan yang tepat sudah separuh jawaban?


3 Responses to “Self Digesting dan Menulis”


  1. November 20, 2011 at 10:28 am

    Salam kenal. Saya jadi tertarik sekali membaca buku yang mas pras ulas ini meskipun terlambat🙂.

  2. 2 fathimuhammadattaqi
    September 11, 2012 at 4:30 pm

    wah ada juga yang baca bukunya hernowo ini ya….saya baca taun 2006 dan membekas banget…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


My Facebook

Agung Prasetyo

Halaman

For Sale: Biola 3/4 Skylark

Arsip

Kategori

Butuh layanan software open source?

Kunjungan

  • 177,170 klik

RSS Fortune Apple 2.0 News

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Advertisements & Awards

Komunitas Pengguna Apple Macintosh Indonesia



%d bloggers like this: