21
Oct
07

Syahrul Qur’an

Desain Ied 1428HUcapan Selamat Idul Fitri 1428 H lebih lengkap rasanya bila diungkapkan lewat gambar juga, selain secara lisan maupun tulisan seperti SMS. Siapa tahu bisa jadi semacam e-card atau sekedar penghias desktop di komputer.

Cerita awalnya mau membuat gambar bertema “Syahrul Qur’an” atau “Bulan Al-Qur’an”, tapi mungkin maknanya bisa lebih luas dari itu. Lagipula, kan Ramadhan sudah berakhir dan masuk ke Syawal, apa tetap sebutannya Bulan Al-Qur’an, atau bisa juga seiring selesainya Ramadhan, selesai juga baca Qur’an alias khatam. Atau bisa jadi ayat Al-Qur’an yang ada dalam gambar itu (nggak terlalu jelas sih) adalah ayat yang menceritakan peristiwa terbelahnya bulan pada zaman Rasul (Q.S. Al-Qamar?). Suka-suka lah enaknya bagaimana, tapi kayanya yang terakhir rada jauh (maksa pula :P)

Logo GIMPGambar ini dibuat dengan aplikasi pengolah image open source, GIMP 2.2 (http://www.gimp.org). Ceritanya belajar migrasi ke open source software (OSS) biar bebas dari software bajakan semisal Adobe Photoshop atau Corel Photo Paint (akibat nggak mampu beli hu..hu..). Walaupun usia GIMP belumGimp window selama kedua software tersebut, tapi GIMP masih terus dikembangkan dengan harapan mampu menjadi tools yang handal untuk image processing. Agar penggunaan OSS tidak sekedar idealisme anti bajakan, maka harus dibuktikan juga kalau OSS seperti GIMP ini punya fitur yang tidak kalah dengan software proprietary. Konon kabarnya saat ini GIMP adalah OSS yang terdepan di bidang image processing.

Kembali ke objek gambar, gambar ini berasal dari 2 gambar yang berbeda, yakni gambar bulan sabit dan gambar sebagian dari satu halaman Al-Qur’an yang sudah diberi efek blur, kemudian direkayasa dan diberi tulisan ucapan selamat idul fitri bewarna putih. Tekniknya sebagai berikut:

  • Gambar bulan sabit dihilangkan (cut) warna hitam langitnya dengan menggunakan tools “Select contiguos region” untuk warna hitam. Hasilnya cukup halus, bisa dilihat pada permukaan dalam bulan sabit yang dipenuhi kawah dan lekukan-lekukan tidak nampak sebagai hasil potongan, bahkan seperti diberi efek tertentu agar nampak hidup. Hasilnya, warna hitam hilang dan menyisakan bulan sabit seorang diri.
  • Letakkan gambar Al-Qur’an pada lapisan (layer) di bawah bulan sabit sedemikian sehingga letaknya pas seolah-olah muncul dari dalam bulan sabit. Hapus bagian Al-Qur’an yang melebihi bulan sabit agar tampak rapi. Beri efek tertentu jika diinginkan.
  • Buat tulisan ucapan selamat idul fitri bewarna putih dengan pilihan font tertentu yang pas (dalam contoh ini, “MgOpen Cosmetica”) dan diatur letaknya agar nampak rapi.
  • Langkah terakhir, buat layer latar belakang (background) menjadi bewarna hitam. Layer ini disimpan di urutan paling bawah. Kini, langit hitam bulan nampak kembali lagi seperti sedia kala, dan gambar “Syahrul Qur’an” pun jadi.

Oya, dekat pojok kiri bawah gambar ada semacam tanda tangan bewarna putih. Ini asli dari gambar Al-Qur’an, mungkin semacam tanda dari editor gambarnya. Saya cantumkan saja, lagipula saya lupa darimana gambar Al-Qur’an dan bulan sabit di-download, yang pasti dari Google :p.

* Gambar logo GIMP diambil dari sana dan sini.

Taqabbalallaahu Minna Wa Minkum,
Selamat Idul Fitri 1428 H,
Mohon maaf atas kesalahan atau
tulisan yang kurang berkenan dan belakangan jarang di-update


0 Responses to “Syahrul Qur’an”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


My Facebook

Agung Prasetyo

Halaman

For Sale: Biola 3/4 Skylark

Arsip

Kategori

Butuh layanan software open source?

Kunjungan

  • 177,170 klik

RSS Fortune Apple 2.0 News

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Advertisements & Awards

Komunitas Pengguna Apple Macintosh Indonesia



%d bloggers like this: