26
Nov
07

Memanfaatkan online bookmark

Kebanyakan kita mungkin masih mengandalkan mesin pencari untuk membantu kita menemukan informasi yang kita butuhkan di internet. Mesin pencari mampu menemukan sekian banyak halaman web, gambar, sampai video yang relevan dengan kata, frase, kalimat dan kriteria pencarian yang kita cantumkan. Masing-masing mesin pencari berusaha memberikan hasil pencarian yang paling relevan dalam waktu sesingkat mungkin, dan tentu saja, up-to-date. Konon kabarnya agar hasil pencarian kita lebih baik, gunakan lebih dari satu mesin pencari karena dua kepala atau lebih akan memberikan hasil lebih baik daripada satu.

Dengan mesin pencari, contoh dalam kasus halaman web, kita akan diberikan sekian banyak halaman, terurut dari mulai yang kira-kira paling nyambung sampai yang paling nggak nyambung. Selanjutnya yang nyambung pun belum tentu cukup memuaskan. Dengan pengetahuan kita terhadap internet sebagai dunia yang hampir tanpa batas dengan berlimpahnya informasi di dalamnya, kegiatan mencari dan memilih ini cukup menantang (atau melelahkan?), bukan?

Menyimpan referensi
Ada perasaan senang dan bangga saat kita bisa menemukan yang benar-benar kita butuhkan, misalnya sekumpulan source code yang meringankan penyelesaian tugas kuliah atau tulisan pakar yang dapat kita rujuk untuk pembuatan makalah. Maka dengan senang hati penemuan kita tadi disimpan secara lokal agar dapat dibaca kemudian karena menurut penilaian kita halaman web itu bagus dan informasinya layak untuk dikumpulkan. Cara lain adalah dengan menandai halaman tersebut agar dapat kita akses langsung di lain hari, alias membuat shortcut, atau dikenal dengan istilah bookmark. Kini kita mempunyai referensi jika kelak pencarian untuk hal yang sama akan dilakukan lagi sehingga mesin pencari tidak terlalu dibutuhkan lagi.

Berbagi referensi
Sekarang, jika kita seorang mahasiswa informatika, bayangkan ada berapa banyak mahasiswa informatika di seluruh dunia yang terhubung ke internet (semuanya kali…). Kira-kira sebanyak itu pula yang menggunakan internet untuk mencari informasi yang relatif sama, misalnya tentang pemrograman, sistem informasi, jaringan, grafika, dan software engineering. Dari sekian banyak itu tidak semuanya beruntung menemukan halaman web yang bagus, padahal informasi di dalamnya bisa jadi menentukan nasib lulus tidaknya suatu kuliah semester ini. Bayangkan bahwa pencarian ini bisa lebih mudah jika semuanya saling berbagi dan memberikan bookmark situs yang bagus pada temannya sehingga temannya itu tidak perlu berkelana di mesin pencari untuk melakukan hal yang sudah dilakukan sebelumnya (re-inventing the wheel). Inilah ide online bookmark, yakni berbagi shortcut halaman web yang bagus-bagus (kalau tidak ‘bagus’ rasanya aneh kalau disimpan lalu dibagi-bagikan).

Bayangkan jika suatu lab menyimpan online bookmark-nya mulai dari situs yang dicari oleh mahasiswa, misalnya angkatan 1999 terus sampai 2007, maka mahasiswa cukup mengunjungi online bookmark tersebut untuk mendapatkan referensi yang cocok untuk tugas kuliahnya. Atau bisa juga mahasiswa terbantu dengan onlline bookmark milik dosen, profesor, guru IT, dan tokoh panutan mereka yang tentu saja membaca situs yang bagus-bagus sehingga mungkin akan membantu mereka menemukan ide yang menarik untuk tugas akhirnya.

Jika mesin pencari mengandalkan algoritma pencarian yang mumpuni untuk melayani kita, maka online bookmark mengandalkan penilaian manusia dalam memilih situs yang bagus dan kebutuhan untuk saling berbagi. Ada unsur integritas yang dibangun di sini, contohnya kita percaya pada orang-orang yang kita nilai berilmu dan aktif berbagi sehingga kita sering mengunjungi online bookmark-nya. Hal ini tentu membuat orang tersebut bermanfaat dan semakin dikenal mempunyai referensi yang bagus. Oya, kita pun bisa sedikit banyak mengenal orang lain dari bookmark-nya.

del.icio.us
Salah satu contoh situs penyimpanan online bookmark adalah del.icio.us. Kita dapat membuat account gratis di sini, dan kita dapat mengatur siapa yang berhak melihat online bookmark yang sudah kita buat. Setiap bookmark ditandai dengan tag (semacam kata kunci) tertentu untuk memudahkan pengelompokan dan pencarian. Selain itu, kita dapat mengekspor bookmark yang sudah dibuat di browser semisal Mozilla Firefox agar dapat ditampilkan di del.icio.us. Tidak lupa pula kita dapat membuat jaringan sesama pengguna agar dapat bertukar bookmark jika diperlukan. Agar proses bookmark-ing lebih mudah, tersedia pula del.icio.us extension untuk Firefox.

Kombinasi mesin pencari dan online bookmark nampaknya akan dibutuhkan untuk memudahkan hidup di internet ini. Bisa jadi, saking banyaknya situs yang sudah kita bookmark, online bookmark kita malah jadi semacam mesin pencari baru (hmm…). Anyway, kini selain mempunyai penyimpanan online bookmark untuk bahan referensi, kita juga bisa berbagi dan membuat informasi bagus di internet relatif mudah diakses orang lain.


3 Responses to “Memanfaatkan online bookmark”


  1. November 26, 2007 at 9:06 am

    mmm…. bukannya prinsip ini digunakan google?
    google menampilkan situs yang paling banyak diakses orang di awal-awal halaman (lewat jasa bot: google analytic). Google scholar salah satunya🙂, halaman awal biasanya adalah halaman yang memuat jurnal/artikel yang paling banyak dicitasi.
    CMIIW ^^)

  2. November 27, 2007 at 3:52 pm

    Topik ini dijadiin TA-nya mas agung ya?

  3. December 1, 2007 at 9:17 am

    @ Rachma: kalau merujuk ke http://www.googleguide.com/google_works.html, ya kira2 cara kerja GoogleBot seperti itu, semacam web crawler yang mengoleksi link-link yang ada di halaman web. Tapi hasil pencarian berubah-ubah seiring waktu, dan tidak ada jaminan bahwa hasil pencarian di google yang kita butuhkan selalu ada di halaman pertama. Untuk yang ini bookmark membantu menandai situs bagus yang sudah pernah dicari sebelumnya biar gak repot searching lagi. CMIIW jua :p

    @ Tri Aji Nugroho: Hehe bukan juga akhi🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


My Facebook

Agung Prasetyo

Halaman

For Sale: Biola 3/4 Skylark

Arsip

Kategori

Butuh layanan software open source?

Kunjungan

  • 177,205 klik

RSS Fortune Apple 2.0 News

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS Astronomi

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Advertisements & Awards

Komunitas Pengguna Apple Macintosh Indonesia



%d bloggers like this: