23
Dec
07

“Akordion” untuk Uang

Mengatur uang bila tak terbiasa dan tidak dibiasakan tentulah menjadi masalah. Salah atur mengakibatkan tabungan minim, tengah bulan uring-uringan, sampai terpaksa harus berhutang. Berbagai formula sakti dirumuskan orang untuk mengatur uang pribadi. Sasarannya tak lain untuk mahasiswa, karyawan, dan berbagai profesi lain yang jika tidak menerapkan formula tertentu, maka lupakan impian untuk pindah ke kuadran Kiyosaki tipe B (business owner) atau I (investor). Beberapa formula sederhana dan membutuhkan disiplin, diulas di sini.

Disiplin memisahkan uang menurut keperluannya jelas bukan perkara mudah. Fungsi uang sebagai alat tukar begitu menggoda untuk diaplikasikan di toko, mall, dan berbagai tempat yang memajang benda-benda yang indah dilihat, lebih indah lagi jika dimiliki. Maka bagi kita yang lebih suka meng-impor barang mewah dan setiap hari dibujuk iklan hendaknya punya alat bantu pengatur uang. Alat bantu yang cukup sederhana dan tersedia di toko ATK terdekat ini, fungsi pentingnya baru saja terpikirkan.

Expanding FileBenda yang mirip akordion ini, karena bisa melar dan merapat bak pegas, hanya tak membunyikan not apapun, ternyata alat bantu pengatur uang. Tak heran profesi bendahara dan pemegang dana kantor mungkin akrab dengannya. Jika tutupnya dibuka dan diregangkan, akan tampak ruang penyimpanan seukuran amplop air-mail yang disekat melintang oleh 12 plastik kaku yang trasparan. Mengapa 12? entahlah, mungkin untuk membagi uang menurut bulan dalam setahun. Setiap plastik bisa diberi label agar cicilan hutang tak masuk ke belanja bulanan.

Dalam akordian tak berbunyi inilah formula-formula itu bekerja, lebih tepatnya pada ruang-ruang di antara plastik penyekat itu. Di sanalah lembaran-lembaran merah, biru, dan hijau dikelompokkan menjadi “pengeluaran rutin”, “tabungan”, “investasi dan pengembangan diri”, infaq”, dan sebagainya. Ruang-ruang itu akan berbicara jatah bulan ini yang masih tersisa. Tentu saja, harap menggunakan lembaran itu sesuai labelnya, kecuali jika formula gagal atau ada kebutuhan yang sangat mendesak. Bila perlu, tempelkan gambar yang seram di ruang “tabungan” sebagai pengingat, maklum daerah ini lebih sering dikosongkan ketimbang dibiarkan terisi. Di akhir bulan, bersama dengan catatan pengeluaran harian, keduanya bisa menjadi auditor independen pribadi yang jujur apa adanya. Hebat, bukan?

Jika kawan mencarinya di toko, “expanding file” mungkin lebih hemat kata daripada cerita deskripsi bentuk dan fungsinya. Jumlah sekatnya yang lebih banyak daripada jumlah klasifikasi alokasi uang pada formula-formula itu membuat benda ini multifungsi. Dari namanya, mungkin seharusnya bisa juga digunakan untuk menyimpan lembaran semacam bon pembelian, fotokopi KTP, atau kartu berobat. Bentuknya yang bisa kembang kempis itu menyimpan pesan moral nomor empat belas tentang uang, yakni uang terus berputar, satu saat kolom saldo bernilai plus, saat lainnya minus. Dan dalam perputaran itu, sekat-sekatnya berbicara tentang pesan nomor berikutnya, lima belas. Dalam uang yang kita miliki ada sekian banyak hak yang harus ditunaikan, termasuk hak orang lain. Bijak, bukan?

Kepada kawan yang sedang menulis buku tentang formula baru mengatur uang, kusarankan hendaknya tak lupa menyertakan “akordion” ini sebagai bonus.


0 Responses to ““Akordion” untuk Uang”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


My Facebook

Agung Prasetyo

Halaman

For Sale: Biola 3/4 Skylark

Arsip

Kategori

Butuh layanan software open source?

Kunjungan

  • 177,205 klik

RSS Fortune Apple 2.0 News

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS Astronomi

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Advertisements & Awards

Komunitas Pengguna Apple Macintosh Indonesia



%d bloggers like this: