26
Feb
08

Keluarlah dari Zona Nyaman

(Oleh Rene S. Canoneo dari Majalah U-Mag)
“The enemy of a great life is a good life. Kita harus memilih, tidak mungkin mendapatkan keduanya.”
“Mereka yang enggan keluar dari zona nyaman hanya berpikir…
security, bukan contribution,
comfort, bukan achievement,
self, bukan others

Saya selalu memulai dengan pertanyaan, “What’s your passion?” Kebanyakan orang bekerja bukan atas dasar passion, melainkan atas dasar kebutuhan. Memang tidak mudah menempuh karier di bidang yang kita inginkan. Maka kerap kita mendengar ucapan ini, “Ya, realistis bekerja”. Betul! Tapi percayalah,  orang yang memulai dengan diktum itu tidak akan kemana-mana.

Orang yang mampu mencapai puncak karier, umumnya, mereka yang selalu mencoba bertanya kepada diri sendiri, “Apa yang membikin mata kamu menyala saat bangun pagi dan tetap asyik setelah bekerja sampai malam?” Mereka bukan jenis orang yang ketika sampai kantor langsung menyelinap ke sudut, berharap bos tidak melihat saat mereka menghabiskan waktu dengan game komputer.

Passion adalah kunci dalam berkarier-motor yang menggerakkan manusia. Kalau belum tahu, coba lakukan beberapa hal berikut ini. Cek tempat yang biasa kita kunjungi, jenis orang yang membuat kita bersukacita melewatkan waktu bersama, macam kegiatan yang membuat kita bisa berpekik gembira dan bilang “Inilah saya!”

Pengenalan diri membuat kita bisa memandu diri ke arah yang paling baik. Itu bukan berarti kita menjadi yang terbaik di antara yang lain. Kita harus melihat pencapaian terbaik yang kita raih-bukan dengan cara memperbandingkannya dengan orang lain. Sukses tiba pada saat kita mampu menjadi yang terbaik bagi diri kita.

Dengan dasar pemikiran seperti itu, orang akan memilih jalur entrepreneur , pengusaha. Bila yang Anda cari adalah kebebasan berpikir serta megekspresikan diri, pilihlah jalan wirausaha. Ini opsi paling waras jika mau hidup sesuai dengan passion pribadi. Menjadi pengusaha akan memberi kita kendali, sekecil apapun.

Di zaman ini, bukan hal gampang menjadi pengusaha. Tapi sekali memilih, saran saya, jangan pernah ragu! Sikap plin-plan akan mengebiri kekuatan kita. Saat ragu-ragu melanda, orang cenderung mengambil opsi paling minim-yang belum tentu terbaik. Pertanyaannya: kita ingin mengambil risiko atau kesempatan? Saran saya, ambil kesempatan. Seperti kotak Pandora, kesempatan akan melahirkan banyak pilihan. Di balik satu pintu yang kita buka, ada lagi dua, tiga-dan seterusnya-pintu yang bisa kita buka.

Saya tahu, banyak yang ragu menjadi usahawan karena dipandang penuh ketidakpastian. Apalagi bila dibandingkan dengan karyawan yang setiap bulan menerima gaji. Tapi apa sih yang pasti dalam hidup? Setiap pilihan ada risikonya. Perusahaan besar dan stabil pun selalu punya celah untuk diakuisisi. Ketika perusahaan diakuisisi, siapa yang bisa menjamin tidak akan terjadi pemecetan besar-besaran? Mau contoh lain? Gempa bumi bisa datang setiap saat dan menghancurkan satu-satunya kantor Anda.

Yang hendak saya katakan, ketidakpastian itu pasti. Risiko selalu ada. Tapi kita tidak perlu diam karena dipenjarakan oleh risiko. Mustahil melakukan hal yang sama tapi mengharapkan hasil berbeda. Banyak orang memilih menjadi pegawai bulanan ketimbang membuat pilihan berani dengan menjadi pengusaha. Tidak bisa disalahkan menerima gaji bulanan akan menempatkan orang di zona nyaman-kendati tanpa alternatif untuk “bergerak”.

Untuk keluar dari zona nyaman, tantanglah diri Anda. Bisakah kita menjadi lebih dari kita saat ini? Terus terang, ini bukan hanya soal uang. Melainkan upaya menyumbangkan lebih banyak kontribusi kepada orang di sekeliling kita.


3 Responses to “Keluarlah dari Zona Nyaman”


  1. February 26, 2008 at 10:39 am

    Hmm… Rachma lebih suka berpendapat… syukurilah di mana pun zona kita berada. Kalo ada di zona aman, ya mantapkanlah di situ, sampai bisa mengajak banyak orang masuk ke zona aman🙂

  2. March 9, 2008 at 9:58 am

    Ketika sudah menemukan mimpi, passion itu akan muncul, bahkan sampai tak tidur.. itu yg mahal

  3. March 10, 2008 at 7:56 am

    @ Rachmawati: ya, lama2 zona aman kita akan meluas seiring pengalaman kali ya
    @ lesly: hmm…jadi insomnia tidak terlalu buruk lah ya?🙂 hebat kalo sampai begitu…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


My Facebook

Agung Prasetyo

Halaman

For Sale: Biola 3/4 Skylark

Arsip

Kategori

Butuh layanan software open source?

Kunjungan

  • 177,170 klik

RSS Fortune Apple 2.0 News

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Advertisements & Awards

Komunitas Pengguna Apple Macintosh Indonesia



%d bloggers like this: