26
Apr
08

Instalasi Server Thin Client (LTSP) pada PC Ubuntu 7.10

Beberapa penjelasan awal berikut sebaiknya dibaca untuk sekedar mengetahui mekanisme kerja thin client (LTSP).

  1. https://help.ubuntu.com/community/UbuntuLTSP/Tour
  2. https://help.ubuntu.com/community/ThinClientHowto
    Tulisan ini punya penjelasan dasar yang bagus, hanya agak merepotkan pada langkah-langkah instalasinya. Lebih ringkas lihat petunjuk pada paragraf tulisan ini selanjutnya

Langkah berikutnya berisi penjelasan dan hasil percobaan instalasi server LTSP yang dijalankan lewat koneksi ke komputer server Ubuntu 7.10 (bukan Ubuntu 7.10 edisi server, hanya edisi desktop yang dapat diatur sehingga mampu menjadi server) (emang apa bedanya?)

Jika Anda menggunakan Edubuntu, modul dan paket untuk menjalankan thin client sudah tersedia, sehingga singkatnya, setelah instalasi Edubuntu yang dilanjutkan dengan konfigurasi jaringan, maka PC thin client dapat segera digunakan (ada yang punya referensinya?)

Pada Ubuntu 7.10 (atau Ubuntu lain yang sudah terinstall di PC), cara yang dilakukan adalah demikian. Pada komputer yang terkoneksi ke jaringan dengan proxy (seperti di kampus), biasanya akan muncul pesan kesalahan seperti ini. Solusinya adalah dengan menambahkan pengaturan proxy, baca di sini.

Instalasi ini pada komputer dalam jaringan dengan kecepatan rendah membutuhkan waktu sekitar 6-7 jam. Entah mengapa paket dan modul yang dibutuhkan harus terkoneksi ke alamat ubuntu.com. Saya belum menemukan ada alamat repositori lokal untuk instalasi ini, sehingga download dapat dilakukan lebih cepat (ada yang punya?). Sampai tulisan ini di-publish, instalasi masih berlangsung akibat kecepatan jaringan yang rendah. Secara teori, dan dapat dibaca di sini, cara di atas akan lancar jaya.

Jika Anda berniat menginstal Ubuntu 8.04 dari nol, sekaligus ingin langsung dijadikan server LTSP, maka gunakan CD Alternate Ubuntu 8.04 yang dapat Anda temukan di sini. Jika dalam jaringan ITB, download via FTP dari sini. Langkah-langkahnya dapat dilihat di sini. Cara ini jauh lebih mudah dan lebih cepat daripada instalasi di Ubuntu 7.10 yang sudah ada. Tapi mau tak mau cara ini satu paket dengan instalasi Ubuntu 8.04 ke PC Anda.

Selamat mencoba.

Catatan:

  • Instalasi akan dilakukan ke folder /opt/ltsp/i386 (jika PC Anda adalah i386). Jika sudah selesai, maka Anda dapat melihat di dalamnya ada folder-folder yang serupa dengan yang ada di filesystem PC Ubuntu (ada /bin, /boot, /dev, dll).
  • Tulisan ini dapat dibaca juga di sini

0 Responses to “Instalasi Server Thin Client (LTSP) pada PC Ubuntu 7.10”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


My Facebook

Agung Prasetyo

Halaman

For Sale: Biola 3/4 Skylark

Arsip

Kategori

Butuh layanan software open source?

Kunjungan

  • 177,170 klik

RSS Fortune Apple 2.0 News

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Advertisements & Awards

Komunitas Pengguna Apple Macintosh Indonesia



%d bloggers like this: