03
Jun
08

Meminjam Wibawa

The SimpsonsYang menarik dari film “Simpsons: The Movie (2007)” adalah ramuan khas “The Simpsons” tentang film kartun keluarga Amerika yang berisi humor, sarkasme, atau ironi tentang berbagai hal yang terjadi di negeri itu atau dunia dari kacamata orang Amerika. Tak heran kadang leluconnya tidak mampu membuat orang Asia macam kita tertawa, karena dibutuhkan pengetahuan ke-Amerika-an terkini untuk memahaminya. Dari sekian sindiran, terdapat sindiran terhadap pemerintah Amerika dalam film itu, yang dikaitkan dengan seorang aktor film Amerika ternama, Tom Hanks.

Tom HanksSiapa yang tak kenal kepiawaian aktingnya dalam Forest Gump, Saving Private Ryan, You’ve Got Mail, Catch Me If You Can, dan Cast Away ini? Tuan Hanks mampu mencitrakan dirinya sebagai aktor berkelas, santun, dan America’s good citizen lewat berbagai peran yang dimainkannya, film yang disutradarainya, dan mungkin juga kehidupan pribadinya yang sepi gosip. Tak rugi mengeluarkan uang untuk menonton filmnya, karena namanya adalah jaminan mutu, demikian kiranya. Maka dalam film “The Simpsons” itu, diceritakan bahwa Pemerintah Amerika meminjam wibawa (kredibilitas) Tom Hanks untuk meredakan protes penduduk Springfield yang tak rela kotanya diisolasi pemerintah atas alasan keamanan. Dalam dialog yang datar bernada sindiran, Tom Hanks kartun berkata bahwa pemerintah sudah kehabisan wibawa, jadi mereka terpaksa meminjam wibawa dirinya. Pemerintah dalam film itu sebenarnya mempunyai rencana tak elok yang sudah bisa dicium oleh penduduk Springfield, namun untuk meyakinkan bahwa yang ada hanya untuk kepentingan rakyat, maka muncullah tuan Hanks tadi. Meminjam wibawa? Ah, konyol dan ‘kena’ sekali.

Deddy MizwarEntah berhubungan atau tidak, sebuah iklan publik menyambut kebangkitan nasional menampilkan seorang sosok sutradara dan aktor senior yang berwibawa (tentu saja karena karya-karyanya yang berkualitas) , bang Deddy Mizwar. Dalam iklan puitis itu, bang Deddy bersajak tentang bagaimana sikap kita sebagai bangsa Indonesia yang serius mau bangkit. Raut mukanya geram, serius, namun ada garis-garis kesedihan melihat kondisi rakyat. Jujur saja, jika pembuat iklan menginginkan penontonnya agak tersetrum melihat iklan ini, agaknya ia berhasil. Baru kali pertama kurasakan pesan nasionalisme setali tiga uang dengan penyampainya. Pas, begitulah rasanya. Mungkin karena pengaruh film garapannya, Nagabonar dan Nagabonar jadi 2, yang membuat bang Deddy pas menyampaikan pesan kebangkitan itu. Berwibawa, begitulah rasanya.

Saya menunggu logo atau tulisan yang muncul di akhir iklan, yang menjelaskan siapa pemberi pesan sebenarnya. Ternyata dari Indosat, dugaan saya bahwa itu iklan pemerintah (lihat pesan nasionalismenya) meleset. Saya senang dengan metode penyampaiannya yang berbeda, artistik, dan pas sekali untuk generasi tua (jamannya Nagabonar) dan muda (jamannya Nagabonar jadi 2). Bolehlah kuusulkan untuk menjadi iklan berwibawa terbaik tahun ini, bukan begitu, kawan? Coba bandingkan dengan iklan ‘tandingan’ yang berisi para menteri (bukan hanya satu lho, 3-4 menteri sekaligus) yang muncul selepas kenaikan harga BBM. Coba rasakan, mana yang lebih berwibawa, sehingga Anda tak berpaling saat iklan itu muncul?

Satu lagi nampak risiko menjadi pemimpin dengan kebijakan tidak populer. Mungkinkah lebih baik menjadi seniman baik saja ya, yang menjunjung nilai luhur dari setiap karyanya? Bukankah kini seniman juga menjadi informal leader ? Tidak menjabat dan punya kuasa secara resmi, tapi sebenarnya mempengaruhi (mengontrol?) sekian banyak orang?

Bagaimana, Anda berwibawa? mungkin Anda-lah orang yang tepat untuk iklan HUT Kemerdekaan atau Sumpah Pemuda yang akan datang. Meminjam wibawa, ah canggih sekali kedengarannya.


8 Responses to “Meminjam Wibawa”


  1. June 8, 2008 at 6:36 pm

    kayaknya “wibawa” di bisnis kan ok juga nih. =D

  2. June 10, 2008 at 2:02 pm

    @ amir: ya, apalagi lagi zaman rusuh begini, kehadiran sosok berwibawa sangat ditunggu. Kayanya kamu cukup berwibawa Mir, tertarik jadi bintang iklan? atau langsung jadi menteri aja? :p

  3. June 16, 2008 at 12:49 am

    Assalamualaikum W W

    Wuih, nice article mas Agung, nice…It’s long time since one day I had the similar ( almost) idea with your’s. Ya, sepakat sih, ini memang soal “Personal Brand”, kalau dianalog dengan Rasul Muhammad, ya brand ” Al Amin” itu yang membikin ada semacam “Trust” dari komunitas saat itu.

    Dan, lama tidak blogwalking, blog sampeyan tambah seru saja nih. Sementara blog saya nggak sempat melulu mau ngupdate, ah…..

    Ya sukseslah ya Mas Agung, c u

    Regards,

    Wassalam

  4. June 16, 2008 at 8:17 am

    Wa’alaikumussalam wr wb, mas Galih,

    Trims komennya. Kalo antum kan yang tambah seru di lapangannya, yang kongkrit langsung menyentuh sektor riil🙂. Nilai amalnya juga beda tuh🙂. Saya masih ‘maya’ ni Lih, kapan2 ajarin bisnis ya he3.

    Setuju, soal wibawa ini dekat sekali dengan pribadi kita, gak bisa dimanipulasi, dan somehow bisa dirasakan orang lain.

  5. June 18, 2008 at 3:46 am

    Iklan ‘hari kebangkitan nasional’ yg berkesan ini memang lebih kuat dengan adanya Deddy Mizwar, menawan pendengarnya. membuat pendengarnya ingin berkarya untuk bangsa.. i think, wibawa ada kalo kita sudah bisa menjadi teladan n memberi ‘makna’ bagi orang lain🙂 nice writing

  6. June 19, 2008 at 3:26 pm

    @ lesly: nuhun. Berat ya jadi orang berwibawa🙂

  7. June 30, 2008 at 8:56 am

    Wibawa itu yang wii bawa mobil!wi bawa N95! Ato wi bawa pda itu ya? (oot :D)

    bagus jg tulisannya, mank pemerintah qt kurang berwibawa koq, cuman doyan narsis sendiri :p

  8. July 2, 2008 at 1:55 pm

    @ Nindy; Betul2, sama “wibawa” itu kan nama panjang artis kita, “Ari Wibawa” itu lho :p. Makasih.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


My Facebook

Agung Prasetyo

Halaman

For Sale: Biola 3/4 Skylark

Arsip

Kategori

Butuh layanan software open source?

Kunjungan

  • 177,170 klik

RSS Fortune Apple 2.0 News

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Advertisements & Awards

Komunitas Pengguna Apple Macintosh Indonesia



%d bloggers like this: