Belajar Biola (1): ‘Yay’ dan ‘Nay’

biola_wiki1

Sebelum kita melihat apa dan bagaimana memainkan biola, terlebih dahulu kita lihat beberapa gosip dan fakta seputar bermain biola. Sebut saja kita bagi ke dalam dua kategori besar: yang membuat orang ingin bermain biola kita sebut ‘Yay’ (alias “yes!”) dan yang membuat orang tak tertarik kita sebut ‘Nay’ (alias “no!”). Kita mulai dari ‘Yay’.

  • ‘Yay’ :

    • Bunyinya itu lho, melankolis-dramatis!

    • Bentuknya artistik abis!

    • Orkestra! Orkestra! Pokoknya saya harus bisa main di orkestra! Sangat berkelas!

    • Tengoklah cara orang menyandarkan biola di atas bahunya dengan kepala setengah menoleh. Amboi, anggun sekali…

    • Pengen kaya Vanessa Mae, Maylaffayza, Idris Sardi, The Corrs, Yehudi Menuhin, …

    • Einstein itu main biola lho! Aha, aku tahu…ini pasti membantu bakat jenius untuk muncul!

    • Dikasih biola sama mama. Dapet warisan biola tua dari eyang. Daripada nganggur, cobain ah…

    • Pengen bisa mainin lagu klasik pakai biola…Klasik is the best lah pokoknya!

    • Pengen ngamen pakai biola, soalnya orang ngasihnya lebih banyak daripada pakai gitar. Orang kan mikirnya biola lebih sulit, lebih berkelas. Jadi aja mau ngasih lebih…

    • Keroncong, musik yang katanya asli Indonesia itu…gak afdhal kalau gak ada biola. Gue cinta musik Indonesia…(teu nyambung pren…)

    • Justru karena biola itu sulit, saya berani coba. Ini tantangan buat saya. Mampu memainkan yang sulit dimainkan orang lain. Always one step ahead. Salam hebat!

    • Musik itu ekspresi jiwa, melembutkan sekaligus membuatnya lebih peka. Suara biola itu cepat sekali tembus ke hati. Memainkannya seperti merontokkan ‘kerak-kerak’ yang ada di sana…

  • ‘Nay’ :

    • Lihat fingerboard biola, tak ada batas nada seperti fret pada gitar! Bagaimana mungkin kami membedakan mana Do, mana Re?

    • Sudah digesek pakai bow kok nggak ada bunyinya? Cuma ada bunyi kaya siulan. Cape deh

    • Sulit sekali mengontrol bow agar tidak mencong sana-sini. Lebih sulit lagi untuk menghasilkan bunyi yang sempurna. Kayanya saya nggak bakat deh jadi violinis!

    • Sakit ih di ujung jari setelah agak lama menekan senar-senar biola. Kapok deh main biola!

    • Susah banget sih menyandarkan biola di atas bahu dan menjaga beratnya agar tidak bertumpu pada tangan. Bahu jadi pegel dan gerakan tangan tidak lincah memainkan nada-nada. Gue bilang juga apa, mending main gitar!

    • Idih, mainannya lagu-lagu klasik! Nyerah deh, pusing baca not baloknya!

    • Denger-denger cuma bisa melodi doang ya? Gak ada chord-nya? Gak rame deh, gak bisa dimainin sambil nyanyi!

    • Suara ngak-ngek-ngok-nya berisik tauk!

    • Kayanya saya sudah terlalu tua untuk main biola. Lupakan saja.

dsc00493

Coba lihat, kelompok ‘Nay’ didominasi (atau semuanya?) hal-hal teknis, sedangkan kelompok ‘Yay’ hampir semuanya non teknis. Kelompok ‘Yay’ memikirkan hal-hal ‘besar’ untuk mengatasi kesulitan yang dibayangkan dan memang terjadi pada permainan biola. Seringkali justru kelompok ‘Yay’ tak menemui kesulitan yang berarti seperti bayangan ‘Nay’. ‘Yay’ merasa kesulitan-kesulitan itu menyenangkan, dan cukup sebanding dengan hasil yang diharapkan.

Bagaimana, pilih ‘Yay’ atau ‘Nay’?

(bersambung)

Advertisements

69 thoughts on “Belajar Biola (1): ‘Yay’ dan ‘Nay’

Add yours

  1. yang jelas, belajar biola bikin rumah semarak 🙂
    Mas agung, ada komunitas biola juga di SD Balong Gede Bandung loh..:)

  2. halo mas agung, tulisannya bagus banget, boleh gak kalau di post di facebooknya fun-tastic string ensemble??makasih banyak

  3. @ mbak Anna: iya, udah ke sana mbak, trims 🙂
    @ fun-tastic string ensemble: boleh, silakan kalo emang bermanfaat, mangga di-share 🙂
    @ mayoritas emang butuh guru Tom. Lagi nyari guru dimana? Jakarta?

  4. Ikut komen gung,
    waktu masih kuliah pernah terpesona sangat dengan melody Canon in D, & akatsuki no kuruma (soundtrack Gundam Seed ch.40).
    Waktu itu ISO ITB lagi baru-barunya, maka Dengan modal biola nganggurnya willy meridian mulai latihan dari 0 hari demi hari. Ngga nyangka lo dalam waktu 2 bulanan bisa mainin canon dr awal sampe reff 🙂 (belum sampe habis).
    Dan sampe ikut manggung bbrp kali bareng anak-anak.
    Karena bbg kesibukan cm bertahan 6 bulan-an.

    Namun gini gung belakangan entah bagaimana perasaanku sering ga enak klo berlama-lama main biola atau dengarin musik.
    Kesimpulan sejauh ini yg bs ditarik adalah bila kebanyakan melakukan pekerjaan yg mubah maka tidak bagus juga efeknya dengan ruh (seakan2 ada penolakan dari dalam hati). (cmiiw)
    so aspek itu mesti dperhatikan jg

  5. @ willy: eh ini Willy Mesin02 kah? wes mantap 2 bulan euy…Iya sepakat Wil, kebanyakan musik emang ga bagus, jadi wajarnya emang ada durasi maksimal selain diimbangi dengan ibadah2 rutin semacam tilawah Qur’an yang harus lebih lama daripada durasi main musik itu sendiri. Ya, yang prioritas harus dikerjain dulu lah ya.

  6. kalau mau belajar biola jauh dari guru coba saja beli dvd violin di gramedia, saya belajar dari basic main piano dan bisa baca not balok baru belajar biola selama 2 bulan setiap hari minimal 20 menit sekarang sudah bisa memainkan puluhan lagu dengan sedikit vibrato dan petikan, kalau sudah menthok mau baru mau les, terus aku juga cari reference dari beberapa dvdnya andre rieu dan violist violist lain, aku juga cari serinya dvd &cd nya luluk p dkk, thank

  7. @ ipung: ya setuju mbak, banyak resource buat belajar biola, tinggal kita rajin nyari2 aja n latihan. Trims komennya, salam kenal juga.

  8. gw sekarng baru belajar biola gw bli violin 4/4… pertama tama susah sich coz gw belajar tanpa teacher… gw otodidak coba2 sambil belajar dari buku n dvd… blm byk sih lagu yang bisa gw maenin …. tapi gw twtwp berjuang biar bisa ahli maen biola….

  9. @ariyo: tetep semangat bro, emang butuh kesabaran n ketekunan lebih ni buat biola. Nah, kalo udah mulai mentok belajar otodidak, mungkin itu waktunya buat berguru. Selamat berlatih 🙂

  10. salam kenal mas agung…
    tulisannya bagus n lumayan ngasih pencerahan..

    saya baru mau belajar biola, trus kata sodara saya yg belajar mending beli yang murah dulu..
    tapi rasanya saya ga mampu ganti2 lagi, karena ini saya kerja sambilan buat nabung beli biola, he3

    trus dibilang beli aja biola bekas tp agak mahal.. saya ga masalah, tapi penjual biola di jakarta rasanya susah dicari…
    Mau tanya toko biola di jakarta yang direkomen sama mas Agung di mana?? Thx

  11. @selvi: salam kenal juga, selvi, makasih. Awalnya saya mikir gitu juga, kalo pemula pakai biola yang murah saja, walaupun murah ini relatif ya. Tentunya kalau kita punya guru, dia lebih tahu mana biola untuk pemula yang cocok buat kantong kita.
    Jangan beli yang asal, karena kalau pemula dapat biola yang jelek, dia nggak yakin dengan suara yang dihasilkan. Kalau suaranya jelek, yang salah biola apa cara mainnya? Kan bingung, karena bisa jadi salah biolanya, bisa jadi salah orangnya. Mending beli yang menengah aja kalau gak mau diganti dalam waktu lama, dan pada saat bersamaan juga baru mulai belajar biola.
    Biola buatan China kan ada yang mulai dari harga 800ribu-an – 1juta. Rasanya harga segini cukup untuk pemula. Harga >= 1 juta bisa lumayan awet untuk level pemula dengan kualitas menengah. Harga di atas ini kemungkinan besar memang kualitasnya lebih baik, apalagi yang buatan Eropa (kata orang, saya belum pernah coba). Kan enak kalau biola sudah bagus, jadi kalau suaranya jelek pasti tahu yang salah itu teknik bermainnya.
    Saya di Bandung, jadi gak tahu kalau toko yang di Jakarta. Kalau mau tanya2 bisa gabung milis komunitasgemarbiola@yahoogroups.com. Tiap hari Minggu pagi ada yang latihan di Taman Suropati, Menteng, Jakarta. Siapa tahu mau dateng, liat2, n kenalan dengan yang udah lama main. Siapa tahu dapet rekomendasi beli biola yang pas. Selamat belajar 🙂

  12. wah2…saya sangat ingin belajar biola,,,
    meski saya anak eksak, tapi saya cinta musik,,
    permasalahannya adalah, dimanakah saya bisa belajar biola yang efektif&efisien,,gak mahal pula?
    ada rekomendasi? thank’s

  13. @selfi: lho, emang jadi anak eksak trus gak bisa/suka musik? Justru anak eksak cenderung lebih mudah belajar musik, karena sisi kecerdasan di otak antara kecerdasan logika dan musikal biasanya dekat hubungannya. Lagian dibutuhkan kecerdasan logika n matematis untuk bermain musik seperti membaca not, menghitung ketukan, dan merasakan harmoninya.
    Banyak, di kota2 besar dah banyak kok, lokasi di mana? Di les2 musik juga banyak.

  14. Waaw..Salam knal ya maas..
    belakangan ini saya lagi pengen belajar main biola..
    tapi masalahnya, saya kan masih sekolah, ngumpulin uang buat beli biola yang bagus pasti butuh waktu lamaaa banget.. ntar keburu pikun.
    Tadinya sih kepikir buat beli biola yang suka ada di toko buku, yg harganya 750rb-an, tapi saya ngga yakin sama kualitasnya..kira2 bagus ngga?
    Jadi binguung…
    Terus, Kira2 merk/biola yang bagus tapi harganya ngga terlalu mahal(paling engga dibawah 3 atau 2 jutaan)ada ngga yaa??

    makasih….^_^

  15. @adhiv: Saya sempat jawab sedikit soal itu di komentar ini. Belajar otodidak atau berguru? Kalau berguru, biasanya guru tahu soal kualitas biola yang sesuai kantong n tahapan belajar kita. Kalau otodidak dan baru mulai banget, ya saran saya jangan yang terlalu mahal dulu, kan masih pemula. Buatan Cina harga 1 juta-an ke atas udah bagus untuk pemula kok.

  16. halow salam kenal…..saya kepingin banget maen biola…maksunya belajar tahapannya gimna ya mas.Sebenarnya dari dulu udah kepengen belajar tapi belum jadi2…klo belajar sendiri,untuk mengenal not2nya menurut mas gimna?

  17. @dina: salam kenal juga. Sama sekali belum pernah mainin alat musik sebelumnya? Kalo belum sama sekali biasanya disarankan nggak mencoba biola dulu. Coba belajar membaca dan memainkan not di keyboard / piano. Ini berguna buat melatih pengenalan notasi dan bunyi not. Kalo langsung ke biola dikhawatirkan tantangannya dobel, yaitu belajar baca not dan belajar memainkannya di biola. Ini dua hal yang berbeda. Jadi, kenali dulu not dan tangga nada di alat musik yang lebih mudah memainkannya. Baru setelah itu bisa coba dimainin di biola. Ini akan lebih mudah daripada belajar biola tanpa dasar musik sama sekali. Begitu kira-kira gambarannya.

  18. saya jual biola universal sv 1000

    Kualitas kayu bagus bangt..dapat 2 bow (1 bow universal yang di dapat sama biolanya sering dipakai dan 1 lagi bow universal masih seperti baru karena jarang dipakai,, (harga bow universal pada saat di beli 1.3 juta ) kondisi case biola masih bagus ,tali case masih ada dan belum pernah di pakai, dapat shoulder rest.

    harga 5 juta (nego)

    YANG BERMINAT HUBUNGI SAYA 0857 10077509. thxx.. 🙂

  19. saya jual biola skylark (china) mv 005 ukuran 4/4

    1 juta,nego

    dpt shoulder rest johnson,dvd blajar violin,copy suzuki for violin 1-6

    hub saya di 08568806620 (bogor)

  20. ahahah! hai… aq jg baru belajar nih. otodidak pula, blm bisa baca not balok, cuma bekel DVD doang. oalah, rasanya sdh sangat tua diriku ini.

    paling seneng klo dah berhasil nyetem/tuning. tp biasanya besok2nya langsung ngegeser lg tu senar. aaaa! paling sebel deh. soalnya suka gak dpt lagi tuh nadanya. pas udah PD dg tuning gw, eh…bunyinya malah beda dg yg di DVD. huhu…!

    iya nih, enaknya sih belajar piano/keyboard dulu ya yg gampang & udah jelas nadanya (ga perlu di-tune sgala). apalah daya, kagak punya, bu! yg ada keyboard PC :p

    ini juga violin (babeh ku) dpt beli murah dr seorang musafir. nikmati sajalah…

    1. Mb Dila, ditunggu di Funtastic String Ensemble, di Swara Harmony Music School, Paskal Hypersquare, Pasir kaliki 26 B Bandung. Telp 022-86060626…
      Ensemble biola anak & remaja, berlatih setiap Jumat sore 18.30 🙂

  21. aslm.salam kenal.Sy dah tertarik sm biola sjk kecil..tapi skrg br pny kesmptn pny biola di umur 35 th.pengennya sih bisa blajar biar bs ngajarin ankku nanti..ktnya main biola bs mengasah kecerdasan n bikin rileks ya?..

    1. @Liska: wswrb.Salam kenal juga, mbak. Selamat mbak, gak ada kata ‘telalu tua’ kok buat belajar. Tergantung niatnya sih belajar biola buat apa, hehe.. tapi secara umum belajar musik memang mempengaruhi kecerdasan. Kalo bikin rileks mungkin kalo udah lancar ya, hehe… kalo masih belajar dan salah-salah, yaa.. rada nggak rileks juga, hehe

  22. mas salam kenal ya pengen banget bisa main biola…… tapi bingung belajarnya gmana
    blinya aja mahal yaa hehhehe…..

  23. Ae org2 beriman. . .Ku mau tanya,
    belajar biola itu susah gk?
    Ku pngn blajar N cri biola wat pemula,
    ku blajar maen guitar otodidak,kira2 biola gw bisa otodidak jg gk ya. . .Sulitkah maen biola?

  24. Aslmkm. Mas agung,,saya amat sangat pengen bljr biola.awalnx krna tertarik dngn musik klasik..udah hunting” biola jg,,mw beli tp msh bingung mw bljr ma siapa??kalo di bndung g ada yg kya dijakarta itu ya?kalo di adain kan enak mas,,qt yg niat bljr bsa ikt bljr brsma

    1. @Ristiani: wa’alaikumsalam. Belajar sama siapa? Mau kursus apa privat? di bandung banyak kok kursus biola, tergantung budget, lokasi, guru, n temen-temennya. Di Jakarta maksudnya kaya Taman Suropati? Kalau main rame-rame begini setahu saya ada di SD Sabang deket alun-alun tiap senin malam jam setengah 7. Tapi saya nggak update info ini, dulu sih masih ada. Nggak tahu sekarang.

  25. halo all sory nih masih cupu,gw sebelum nya suka main music tp pegang gitar & belom lama ini kenal biola, setelah gw coba “nikmat” juga main biola dan tidak terlalu beda sama gitar yg jadi masalah gw mau beli tp ng tau merek apa yg bagus, dan gw denger kebanyakan merek china. dan biola buatan china sama buatan anak negri kita bagusan mana?soalnya klo buatan eropa gw mau nabung dulu biar bisa yg mahal sekalian..

    1. Gw lagi mau jual biola gw nih, Stainer Germany 4/4. Gw beli tahun lalu. Kalo minat Rp. 500ribu dah gak nego.

      085 245 759 117 (Jakarta)

  26. bapak mohon info mengenai biola,
    maksudnya biola 3/4 ato 4/4 tu apa ya pak?
    kalo buat belajar lebuh baik yg mana?
    trim sebelumnya

  27. @nawan: buatan dalam negeri belum pernah coba sob, yang banyak beredar di toko musik buatan China. Emang kalo yang Cina harga sejutaan cukup lah buat belajar beberapa tahun sebelum jago nyoba buatan Eropa atau udah bosen duluan, wkwkwk (becanda, bro)

    @dian: Ukuran biola itu mbak, buat dewasa ukurannya 4/4. Ukuran di bawah itu umumnya buat anak-anak. Terasa kagok kalau dewasa pegang biola ukuran 3/4 misalnya, kependekan.

  28. Kang, sy di Cibabat-Cimahi. Bisa rekomendasikan kursus privat biola yg bisa datang kerumah? Klo bisa yg msh mahasiswa yg lg nyambil biar ga terlalu mahal fee-nya (he..he..), atau ada ga di Bandung komunitas pemain biola yg punya misi utk meningkatkan minat bermain biola jadi yg ninat bisa belajar free… Hatur Nuhun.

  29. @Ernawan: kalo mahasiswa nggak kenal, tapi mungkin bisa kontak ITB Student Orchestra. Yang saya kenal guru musik privat ke rumah. Kalo komunitas dulu saya sempat tahu ada komunitas yang main di SD Negeri sekitar alun-alun Bandung selasa malam, nggak tahu sekarang masih ada apa nggak.

  30. LES BIOLA BANDUNG

    MENERIMA LES BIOLA UNTUK WILAYAH BANDUNG DAN SEKITARNYA.
    GURU BERPENGALAMAN.
    GURU BISA DATANG KE RUMAH MURID.

    HUB: IVAN.
    08996189167.
    PIN BB 22022939.

      1. Gw lagi mau jual biola gw nih, Stainer Germany 4/4. Gw beli tahun lalu. Kalo minat Rp. 500ribu dah gak nego.

        085 245 759 117 (Jakarta)

  31. Sebenarnya cara baca not balok itu bagaimana ?? haruskah memakai guru untuk belajar membaca not balok ?? atau ada buku yang khusus mengajarkan membaca not balok tersebut ??
    Ada yg tau tempat kursus/les biola di daerah SAMARINDA yang murah atau gratis?? wkwkwkkw 😀

    1. @Rio: Tergantung cara kamu belajar. Kalau susah belajar sendiri, ya butuh guru.
      Itu simpelnya kan cuma notasi. Not penuh gimana bentuknya, not setengah, seperempat, tanda diam, tanda staccato, legato, dll…

      Yang butuh itu pembiasaan dan latihan gimana caranya menerjemahkan notasi-notasi itu ke dalam permainan alat musik.

      Buku khusus? Di toko buku banyak buku soal belajar musik dan not balok, cari aja. Udah nyari, belum?

  32. Aku juga pengen tau tempat les biola di Samarinda…. Terus ada yang tau tempat beli biola di daerah Samarinda yang murah ( buat pemula) ??

  33. maaf nih numpang nanya…. ada yang tau tempat buat les biola di daerah samarinda ga ?? kalau ada yang tau kasih tau ya….. kalau bisa yang murah aja wkwkwkw…. tapi gurunya terpercaya / pro lah wkwkwkwkwk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: