17
Oct
09

Sketsa cepat: Gedung HSBC

SCAN0203

Selalu ada saatnya dalam perjalanan kita melihat sesuatu yang sayang untuk tidak diabadikan dalam bentuk foto atau gambar. Malang pada saat tersebut kita meninggalkan kamera yahud 18 megapiksel DSLR kita di rumah (halah, seperti punya saja :P). Yang kita bawa di tas (dan bisa untuk mengabadikan gambar) hanya beberapa lembar kertas dan pena. Maka tidak ada pilihan lain selain mengerjakan sketsa cepat dengan kertas dan pena tersebut. Soal hasil, ya jelas DSLR bewarna dan realisitis. Tapi jangan lupakan kesan artistik dan simpel dari sebuah sketsa. Dan karena dibuat dengan pena, tentu tekstur dan gelap-terangnya tidak mampu dihadirkan layaknya menggunakan media pensil. Maka inilah sketsa cepat gedung HSBC di Jl. Sudirman, Jakarta Pusat yang digambar di malam hari (mana kelihatan di sketsa ?? hehe).

Mengapa gedung ini cukup menarik untuk diabadikan? Arsitekturnya unik, karena mengkombinasikan bentu-bentuk silinder, lingkaran, setengah lingkaran bersama balok serta persegi. Dan yang paling memikat di malam hari, tentu saja logo HSBC yang menjadi judul bangunan ini. Dilatarbelakangi cahaya putih, font hitam bergaya serif dan simbol segitiga-segitiga bewarna merah-putih itu nampak ‘bersinar’. Ditempatkan dengan apik di tengah dinding bangunan setengah silinder itu, maka lengkaplah citra elegan dan profesional perusahaan yang bergerak di bidang jasa perbankan ini. Setuju?🙂


12 Responses to “Sketsa cepat: Gedung HSBC”


  1. 1 yoe
    October 23, 2009 at 3:37 pm

    kerennnn!!! saya dulu bercita-cita jadi arsitek.. namun, tidak kesampaian. jadilah aku “arsitek” kata.. ;p

    salam kenal.. ketemuan di PB yah,… salam selalu..

  2. 2 yoe
    October 23, 2009 at 3:38 pm

    eh.. koq salam kenall.. hehehe… salah.. salah.. hwkwkw… ini taun ke 3 koq ikut pb..taun2 lalu ikut jg ga kak? asyiikk ada barengan… ;D

  3. October 23, 2009 at 5:33 pm

    @yoe: Salam kenal juga *halah*. btw kenapa ga diterusin cita-citanya? Lumayan sambil ngelatih gambar juga hehehe. Sayang kalau ada bakat mah. insyaAllah, sampai ketemu kalau gitu.

  4. 4 yoe
    October 26, 2009 at 1:29 pm

    gedung SMESCo kemaren juga gak kalah menarik.. ah, di jakarta juga bandung, banyak sekali gedung/bangunan yang menarik mata! Wish… mengabadikannya… kapan2 yah, kk.. ;p

  5. October 26, 2009 at 3:29 pm

    @yoe: iya kemaren menemukan sudut yang bagus, tapi lupa nitip di-foto-in. Some other time, perhaps. Kalo yg di bandung ada juga di sini

  6. 6 yoe
    October 27, 2009 at 2:05 pm

    iyah, aku juga nyesel… pas di mobil mba Defi, aku lihat lengkung nya, sangaat cantik….
    kalau ada waktu, pasti kita hunting foto.. bagian kamu lah yang nge gambarnya di kertas… ;D

  7. October 27, 2009 at 2:19 pm

    @yoe: betul! that’s what i mean. Lengkungan di atas pintu masuk itu kalau dilihat dari samping kelihatan MEGAH. Some other time, maybe.

  8. 8 yoe
    October 28, 2009 at 11:44 pm

    mantapp gan….! catat, k, kalau nemu gedung antik dan unik lagi, kapan2 poto2 yah…juragan yang gambar ajah.. ;D

  9. 9 yoe
    October 28, 2009 at 11:45 pm

    btw, udah kulink blog mu ini.. thx…

  10. November 1, 2009 at 7:15 pm

    @yoe: bisa diatur lah itu🙂. Ok, ku-link juga dari sini ya. Thanks,

  11. November 2, 2009 at 1:11 pm

    bro, ternyata indigo yang kmrn di pb bukan indigo rumah produksi, melainkan grup telkom indonesia.. baca di sini: http://kun.co.ro/2009/08/04/indigo-in-action/

    maaph salah info yah..🙂

    bro, buatkan lah buku tamu/ shoutbox keq, susah bener ningalin pesen di sini…😀 thx

  12. November 3, 2009 at 9:19 pm

    @yoe: ok sip, makasih ralatnya. Kayanya kemaren pas jawab juga agak mengarang indah ya hihihi.
    Ntar banyak pesen masuk numpang lewat aja euy, apalagi pakai iklan. But i’ll think about it, thank you for the advice🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


My Facebook

Agung Prasetyo

Halaman

For Sale: Biola 3/4 Skylark

Arsip

Kategori

Butuh layanan software open source?

Kunjungan

  • 177,170 klik

RSS Fortune Apple 2.0 News

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Advertisements & Awards

Komunitas Pengguna Apple Macintosh Indonesia



%d bloggers like this: