12
Dec
09

Biologi Lelaki(1): Brain Sex

Judul: Apa sih yang si Abang Pikirkan? Membedah Cara Kerja Otak Laki-Laki (What Could He Be Thinking? How Man’s Mind Really)
Penulis: Michael Gurian
Penerbit: Serambi (2005)

Pembahasan tentang biologi jender di buku ini dibuka dengan fakta bahwa otak kita –ya, benda ajaib yang ada di dalam tempurung kepala kita itu– ternyata mempunyai jenis kelamin (Brain Sex). Ada otak lelaki dan ada otak perempuan. Yang satu punya tabiat dan cara kerja yang berbeda dengan yang lain. Perbedaan ini salah satunya dapat diamati dengan pemindai MRI (Magnetic Resonance Imaging) dan PET (Positronic Emission Tomography). Pemindai ini mampu menghasilkan gambar-gambar bewarna tentang cara kerja otak. Dan hasilnya, otak lelaki dan perempuan menghasilkan gambar yang berbeda walaupun mereka sedang melakukan aktivitas yang sama. Menarik, bukan? Lalu apa maksudnya perbedaan gambar itu terhadap cara kerja keduanya?

Mari kita mulai dongengnya. Sejak dalam janin ibu, ternyata –betul lho, saya baru tahu hal ini– dengan mekanisme tertentu, sistem hormon pada tubuh ibu akan menyuplai konfigurasi hormon pada otak janin sesuai jenis kelaminnya. Apabila janinnya lelaki (XY), maka konfigurasi hormon lelakilah yang disuplai ke otak.Demikian pula bila janinnya perempuan (XX), maka konfigurasi hormon perempuanlah yang disuplai. (Catatan: Penulis menyebutkan alam lah yang mengaturnya, padahal kita ketahui bersama bahwa Allah lah yang Maha Kuasa atas hal tersebut. Allahu Akbar!) Sebagai contoh, bila janin berjenis kelamin lelaki, maka otaknya akan disuplai oleh lebih banyak hormon testosteron dan lebih sedikit oksitosin. Demikian sebaliknya pada janin perempuan. Selama masa pertumbuhan, hormon-hormon ini akan terus ‘membentuk’ otak. Jangan kaget bahwa ada bagian otak tertentu yang berkembang besar pada perempuan, namun kecil pada lelaki, demikian pula sebaliknya. Sekedar informasi, otak kan pada dasarnya tersusun atas sekian banyak bagian, sebut saja batang otak, corpus colassum, sampai neokorteks. Bagian-bagian ini memegang peran dan fungsi tertentu bagi tubuh, bahkan bertanggung jawab terhadap sikap-sikap tertentu. Nah, akibat perbedaan struktur fisik dan fungsional bagian-bagian otak lelaki dan perempuan inilah (ditambah karakteristik dari hormon yang dikandungnya), maka jelas berbeda pula cara kedua insan ini berpikir, merasa, dan bersikap. Inilah dasar pembahasan buku setebal 400 halaman ini.

Fiuh, istirahat sebentar, ya. Eh ngomong-ngomong, banyak istilah yang kawan tidak paham, ya? Itulah akibat tidak memerhatikan penjelasan guru biologi kita dahulu, hihihi…maklum dulu tak paham apa gunanya belajar hormon selain untuk lulus ujian. Padahal nanti kalau kawan berkesempatan membaca buku ini sampai habis, banyak hal menarik yang membuat kita dapat memahami sikap-sikap kita (dan pasangan kita) sebagai mahluk biologis. Lalu pada akhirnya, lelaki dan perempuan dapat hidup bersama dalam bahtera pernikahan yang langgeng -sampai entah kapan- atas dasar saling memahami tabiat dasar masing-masing. Jreng! Jreng! Inilah sebenarnya harta karun tersembunyi dari buku ini. Sangat baik kiranya kawan yang masih single atau sudah menikah untuk membaca dan merenungkannya baik-baik. Boleh juga dijadikan hadiah jika menjumpai undangan pernikahan seorang teman, dan sebagainya, dan sebagainya. Cukup istirahatnya, lanjut lagi. “Siko ciek, da!” Eh salah, harusnya “Tarik, mang!”

(bersambung ke Biologi Lelaki (2))


7 Responses to “Biologi Lelaki(1): Brain Sex”


  1. December 12, 2009 at 6:10 pm

    i’v read this book… my sister’v it… maklum… psychology student… hihih…

  2. December 13, 2009 at 3:29 pm

    @yusako: yup, psikologi populer.
    @ibnumuttaqien: silakan2

  3. December 14, 2009 at 8:18 am

    ini buku banyakan biologi nya atau psikologinya ?? sepertinya perlu waktu yg tepat untuk membacanya ;p

  4. December 14, 2009 at 10:15 am

    @lesly: intinya biologi yang mempengaruhi psikologi. Sedang menunggu waktu yang ‘tepat’, ya?😛

  5. June 7, 2012 at 8:56 pm

    saya sudah baca bukunya…walopun telat
    memang dahsyat😀


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


My Facebook

Agung Prasetyo

Halaman

For Sale: Biola 3/4 Skylark

Arsip

Kategori

Butuh layanan software open source?

Kunjungan

  • 177,170 klik

RSS Fortune Apple 2.0 News

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Advertisements & Awards

Komunitas Pengguna Apple Macintosh Indonesia



%d bloggers like this: