Balik lagi

Sudah lama tidak ngeblog baik di blog ini maupun di paid web hosting (yang sekarang juga sudah tidak diperpanjang lagi, hehe). Tapi hari ini angin berhembus ke arah lain, karena kebiasaan menulis saya tetap harus dilatih.

Minggu lalu pada acara pernikahan sepupu istri, saya sempatkan ngobrol dengan om yang rajin menulis. Saat acara kemarin, seperti pada acara kumpul-kumpul lainnya, beliau katanya selalu menyempatkan diri untuk mojok dengan iPad Pro untuk menulis. Tentu selepas bersilaturahmi dengan anggota keluarga yang lain. Profesinya sebagai seorang dosen (spesialisasinya di logistik, teknik industri) menuntut dirinya banyak menulis. Mengumpulkan ide, opini, bahkan materi yang bisa disampaikan saat kuliah. Materi tulisannya terakhir ada yang membahas teknologi yang sedang trending, yakni pemanfaatan block chain dalam bidang logistik.

Bayangkan saja kalau profesi pengajar tidak menulis, risikonya ilmunya tidak terstruktur dengan baik dan tidak bisa dirujuk untuk dimanfaatkan dirinya (terutama kalau lupa!) atau orang lain. Orang boleh beretorika panjang lebar, tapi coba minta dia untuk menuliskan gagasannya, bisa-bisa hanya berputar-putar dan idenya kosong belaka (nyambung ke debat ILC Reuni 212 yang menampilkan debat ‘retorika’ pembicara yang tidak ada isinya, melawan Rocky Gerung)

Anyway, bagi saya pribadi, menulis seringkali bisa memberikan ketenangan kalau pikiran sedang kalut. Ibaratnya, menulis dapat menguraikan benang kusut pikiran, sehingga jelas depan, tengah, dan ujungnya.

 

One thought on “Balik lagi

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: